Berikut Fondasi Pendidikan yang Berkualitas

 Berikut Fondasi Pendidikan yang Berkualitas

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Pendidik dan tenaga kependidikan adalah fondasi dari satuan pendidikan berkualitas. Kapasitas dan kesejahteraan PTK perlu menjadi perhatian agar semua elemen terwujud.

“Diantaranya yang perlu diperhatikan dalam kualitas proses pembelajaran yakni perencanaan pembelajaran yang efektif serta pendekatan pembelajaran memberikan pengalaman menyenangkan, dan berpusat pada anak, sesuai untuk usia anak,” kata Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan (Disdik) Kotim, Suyoso, Selasa 17 Januari 2023.

Lanjutnya, selain itu juga muatan pengembangan yang selaras dengan kurikulum, menguatkan aspek perkembangan, kontekstual dan bermakna serta Asesmen yang meningkatkan kualitas pembelajaran.

“Kemudian yang perlu diperhatikan juga kemitraan dengan orangtua adanya interaksi terencana dengan orangtua/wali untuk membangun kesinambungan stimulasi dari sekolah dan di rumah (wadah komunikasi, kelas orangtua, komite, kegiatan yang melibatkan orang tua),” ucapnya.

Tambahnya, serta penguatan peran dan kapasitas orangtua/wali sebagai mitra pengajar dan sumber belajar. Sementara itu perlu juga dukungan pemenuhan layanan esensial di luar pendidikan.

“Kelas orangtua yaitu wahana untuk berbagi informasi mengenai kebutuhan esensial anak (intervensi gizi-sensitif), Pemantauan Pertumbuhan Anak (tinggi/ berat badan dan lingkar kepala), Pemantauan Perkembangan Anak, termasuk imunisasi dasar lengkap dan berkoordinasi dengan unit lain terkait pemenuhan gizi dan kesehatan,” jelasnya.

Dikatakannya juga, agar menerapkan PHBS melalui pembiasaan, memberikan PMT dan/atau makanan bergizi secara berkala (minimal 3 bulan sekali), memantau kepemilikan identitas (NIK) peserta didik dan ketersediaan fasilitas sanitasi dan air bersih (minimal, menggunakan material sederhana dan ada air mengalir. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!