Bahas Layanan Pendidikan, Ini Pesan Plt Kadisdik Kotim

 Bahas Layanan Pendidikan, Ini Pesan Plt Kadisdik Kotim

FOTO : Plt Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Susilawatie.

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Kunci dari peningkatan kualitas layanan adalah terbangunnya budaya refleksi. Melalui budaya refleksi, secara berkala satuan pendidikan melakukan evaluasi diri terhadap praktik penyelenggaraan layanannya. Hal ini diucapkan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kotawaringin Timur (Kotim) Susiawati, Kamis 19 Januari 2023.

“Dan juga bersama-sama menentukan upaya perbaikan apa yang perlu dilakukan selanjutnya. Praktik ini tidak hanya esensial dalam perbaikan pembelajaran, namun juga dalam pelaksanaan berbagai aspek layanan seperti layanan kemitraan dan penyelenggaraan kelas orangtua, serta upaya menghadirkan lingkungan belajar yang aman, inklusif dan partisipatif,” lanjutnya.

Dipandu oleh seperangkat indikator kinerja bersama, sebut Susi, transformasi menuju pendidikan berkualitas dapat terus dilakukan. Hasil refleksi kemudian digunakan untuk perencanaan kegiatan serta perencanaan penggunaan anggaran. Artinya, penyusunan dokumen perencanaan tahunan serta pelaporan penggunaan anggaran bukanlah proses administratif semata, namun merupakan bentuk perencanaan yang bermakna.

“Langkah utama dalam proses perencanaan berbasis data yakni melakukan identifikasi masalah berdasarkan kondisi di satuan pendidikan, melakukan refleksi atas capaian dan proses pembelajaran di satuan dan melakukan pembenahan untuk mencapai indikator layanan berkualitas atau benahi,” jelasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!