Antisipasi Kerusakan Jalan, DPRD Kotim Usul Pemkab Bentuk Tim Gabungan

 Antisipasi Kerusakan Jalan, DPRD Kotim Usul Pemkab Bentuk Tim Gabungan

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Muhammad Kurniawan

Kaltengnews.co.id, SAMPIT – Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Muhammad Kurniawan Anwar mengatakan aktivitas truk dan kendaraan besar lainnya yang melintasi jalan dalam kota memicu cepatnya kerusakan jalan. Menurut Dia, Jalan dalam kota masuk kategori kelas III yang hanya mampu menahan beban delapan ton muatan sumbu terberat.

“Saya menyarankan pemerintah daerah untuk membentuk tim gabungan untuk menertibkan truk dan angkutan besar lainnya yang tetap ngotot masuk kedalam kota Sampit,” ujar Kurniawan, Selasa (17/01/2023).
Menurutnya Tim gabungan dibentuk agar para sopir sadar akan Lalu Lintas. Tim tersebut bisa saja beranggotakan kepoli- sian, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Kejaksaan, DPMPTSP dan sektor lainnya yang membidangi, termasuk Komisi IV DPRD Kabupaten Kotim.
“Apabila ditemukan truk yang masih membandel masuk dalam kota, bisa saja izin usaha dan pajak kendaraan di-pending saat mel- akukan perpanjangan, atau ada sanksi tegas dan kongkret kepada pelaku usaha yang tidak peduli ter- hadap lalu lintas,” ujar Dia lagi.
Lanjut Politisi muda Partai Amanat Nasional ini menambahkan Pemer- intah sudah memberikan solusi dengan menyiapkan jalan alter- natif yaitu Jalan Soekarno atau lingkar utara dan Jalan Moham- mad Hatta atau lingkar selatan. Dengan begitu, kendaraan berat yang hendak menuju atau dari Pelabuhan Bagendang tidak per- lu masuk melintasi jalan dalam kota lagi. (TBK/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!