UU Pemilu Perlu Pembaharuan, Keterwakilan Kalteng di “Senayan” Dinilai Masih Minim

 UU Pemilu Perlu Pembaharuan, Keterwakilan Kalteng di “Senayan” Dinilai Masih Minim

FOTO : Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, membidangi Hukum, Pemerintahan dan Keuangan, Drs. Yohannes Freddy Ering, MSi. Foto Yundhy/Kaltengnews.co.id

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) membidangi Pemerintahan, Hukum dan Keuangan, Drs. Yohannes Freddy Ering, MSi menyampaikan jumlah Wakil Rakyat yang duduk di Senayan (DPR RI, red) dinilai masih minim, belum bisa menyuarakan aspirasi masyarakat Kalteng secara maksimal, lantaran jumlah anggota DPR RI hanya ada enam orang saja.

Saat dikonfirmasi redaksi Kaltengnews.co.id, Senin (19/12/2022) malam, melalui sambungan WhatsApp pribadinya, Freddy Ering menyebutkan Wakil Rakyat yang duduk di Senayan atau menjadi anggota DPR RI asal daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Kalimantan Tengah hanya ada 6 orang saja, dan masih belum bisa menempati seluruh komisi yang ada di DPRI yang jumlahnya ada 11 komisi.

Menurutnya, anggota DPR RI asal Dapil Kalteng dari Pemilu Orde Baru hingga Pemilu sekarang ini, jumlah tersebut masih tetap sama 6 kursi, tidak ada penambahan. Sehingga, tidak mengherankan apabila dengan jumlah tersebut, Wakil Rakyat asal Dapil Kalteng tidak dapat mengisi seluruh komisi yang ada di DPR RI.

“Untuk itu, saya mengusulkan agar jumlah tersebut dapat ditambah lagi, disertai dengan sejumlah penyesuaian atau pembaharuan pada aturan Perundang-undangan Pemilu, khususnya UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang sekarang digunakan sebagai dasar pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan Kalteng ini juga mengatakan paska Provinsi Papua dimekarkan, maka sekarang ini Provinsi Kalimantan Tengah menjadi provinsi terluas di Indonesia.

Lanjutnya, Kalimantan Tengah bukan hanya luas, tapi juga memiliki tantangan tersendiri, baik dari sisi geografis, pembangunan infrastruktur jalan penghubung yang terkesan masih berjalan lamban maupun akses jalan penghubung, yang mana daerah-daerah di wilayah Kalimantan Tengah ini, tidak semuanya dapat diakses melalui jalan darat, tapi juga harus menyusuri sungai terlebih daerah-daerah pelosok di Kalimantan Tengah ini.

“Atas alasan inilah, sehingga melatarbelakangi saya mengusulkan agar penetapan jumlah kursi di DPR RI, tidak hanya mengacu pada kriteria perbandingan jumlah penduduk, tapi juga harus memperhatikan kriteria luas wilayah atau kondisi geografis, seperti halnya di Provinsi Kalimantan Tengah ini,” sarannya.

Freddy Ering berharap kedepan jumlah kursi di DPR RI asal Dapil Kalteng, dari semula 6 kursi bisa bertambah menjadi 12 kursi, serta adanya pembagian dapil menjadi 2 wilayah, yakni Dapil Kalteng wilayah Timur dan Dapil Kalteng wilayah Barat.

Sehingga demikian, diharapkan dalam penetapan jumlah kursi di DPR RI, adanya kekhususan yang berlaku di beberapa provinsi di Indonesia, tidak hanya bagi Kalimantan Tengah saja, tapi juga beberapa provinsi lainnya, misalnya Papua dan Aceh serta beberapa daerah lainnya yang dianggap perlu pemberlakuan kekhususan.

“Hal penting lainnya, melalui penambahan jumlah kursi di DPR RI, maka harapannya Wakil Rakyat asal Dapil Kalteng dapat mengisi 11 komisi yang ada di DPR RI, serta mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat Kalteng, dan dapat menarik berbagai program nasional dan anggaran dari pemerintah pusat untuk percepatan pembangunan daerah di wilayah Kalimantan Tengah ini,” harapnya.

Dia juga menambahkan usulan ini penting untuk dipertimbangkan bersama, karena harus melalui sejumlah tahapan serta waktu yang panjang dalam proses merevisi atau penyesuaian aturan perundang-undangan Pemilu dimaksud.

Sehingga, jika memang aturan perundang-undangan Pemilu yang diusulkan ini dapat disetujui untuk direvisi, disesuaikan atau diperbaharui, maka dipastikan tidak akan sempat rampung saat Pemilu 2024 mendatang.

Namun demikian, aturan perundang-undangan yang diharapkan, dapat terakomodir paska pelaksanaan  Pemilu 2024 nanti. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *