Upaya Antisipasi, Dewan Kalteng Dorong Evaluasi Penanganan Banjir

 Upaya Antisipasi, Dewan Kalteng Dorong Evaluasi Penanganan Banjir

FOTO : Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas, HM. Sriosako. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Bencana banjir yang melanda 4 kelurahan di Kota Palangka Raya belakangan ini, turut mengundang perhatian anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Salah satunya yakni Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas, HM. Sriosako.

Menurutnya, banjir yang melanda 4 kecamatan, menelan kerugian yang cukup besar. Untuk itu, Legislator dari Fraksi Partai Demokrat Kalteng ini berharap kepada pemerintah daerah (Pemda) setempat, supaya dapat mengevaluasi penanganan bencana sebagai langkah antisipasi kedepannya.

“Kemungkinan banjir saat ini yang terjadi di Kota Palangka Raya merupakan banjir kiriman dari wilayah hulu Kalteng yang lebih dulu mengalami kenaikan debit air. Sehingga, saya berharap hal ini bisa menjadi bahan evaluasi pemerintah melalui dinas terkait untuk mengambil langkah antisipasi melalui pemetaan wilayah rawan bencana,” harapnya, Kamis (1/12/2022).

Lanjut Ketua Komisi IV DPRD Kalteng, membidangi Pembangunan Infrastruktur dan Ketenagakerjaan ini juga mengungkapkan banjir yang melanda 4 kecamatan di Kota Cantik, yakni Kecamatan Pahandut, Kecamatan Jekan Raya, Kecamatan Sabangau dan Kecamatan Bukit Batu tersebut, setidaknya ada lebih dari 2.388 KK atau 8.544 Jiwa dan 1.733 rumah terdampak banjir.

“Dari jumlah tersebut bisa dikatakan banjir kali ini adalah banjir terparah setelah banjir yang melanda kabupaten Kotawaringin Barat dan Katingan sebelumnya. Makanya evaluasi dan antisipasi melalui pemetaan itu perlu dilakukan, supaya bencana ini tidak terulang lagi di masa mendatang,” ucapnya.

Kendati demikian, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kalteng ini mengapresiasi respon cepat Pemerintah daerah melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya dan Provinsi Kalteng yang selalu sigap dan tanggap saat terjadinya bencana.

“Saya mengapresiasi sekaligus mengucapkan terimakasih kepada TRC BPBD baik Kota maupun Provinsi yang sigap bergerak saat terjadinya bencana dan saat ini disejumlah titik juga telah dibangun posko untuk masyarakat terdampak banjir. Kedepannya saya berharap agar bantuan-bantuan dari pemerintah bisa disalurkan secara merata dan masyarakat bisa merasakan manfaatnya,” tandasnya. (YS)

 

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *