Semua Potensi di Kalteng Perlu Dimaksimalkan

 Semua Potensi di Kalteng Perlu Dimaksimalkan

FOTO : Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Jimmy Carter

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Jimmy Carter meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) baik itu kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota agar dapat memaksimalkan semua potensi yang ada di Kalteng ini.

Menurutnya, sebagai salah satu provinsi yang berdekatan dengan ibu kota negara (IKN) baru Indonesia yakni Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur, saat ini Kalimantan Tengah berpotensi menjadi salah satu daerah penyangga.

Maka dari itu, Dia menyarankan agar setiap potensi yang dimiliki Kalteng ini harus dapat dimaksimalkan baik itu pembangunan infrastruktur, pertanian, perikanan, peternakan dan sebagainya, agar kita bisa menjadi salah satu daerah penyangga IKN.

“Adanya IKN di Kaltim, tentu membutuhkan daerah penyangga yang dapat menopang kebutuhan para pejabat penyelenggara pemerintahan Republik Indonesia disana maupun masyarakat secara umum baik itu beras, ikan, daging, sayur dan lain-lain,” ujarnya baru-baru ini.

Lanjutnya, Kalteng sendiri merupakan daerah yang memiliki kekayaan alam melimpah, sehingga semua hal yang berkaitan dengan pangan semuanya ada dan itu tinggal hanya dioptimalkan saja dalam pembangunannya agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Saat ini Kalteng sudah punya food estate, shrimp estate dan lainnya itu agar dapat terus dimaksimalkan. Selanjutnya, bagi setiap daerah yang memiliki potensi untuk mengembangkan sektor-sektor strategis supaya dapat dilirik dan dibangun, sehingga ketahanan pangan kita bisa kuat dan dapat memenuhi kebutuhan nasional kedepan,” tuturnya.

Di sisi lain, pembangunan sektor-sektor strategis yang berkaitan dengan pangan juga harus dibarengi dengan pembangunan infrastruktur jalan maupun jembatan supaya nantinya untuk menyuplai produksi baik pertanian, perikanan, dan lain-lain ke IKN dapat berjalan lancar dan maksimal.

“Terlebih infrastruktur yang berbatasan langsung dengan Kaltim seperti salah satunya di Barito Utara agar dapat digencarkan mulai dari sekarang, sehingga nanti ketika IKN sudah benar-benar beroperasi semuanya akan lebih mudah terutama dari sisi mendistribusikan barang dan jasa,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!