PUPR dan PDAM Pulpis Bersinergi Menyediakan Jaringan Pipa Air Bersih 

 PUPR dan PDAM Pulpis Bersinergi Menyediakan Jaringan Pipa Air Bersih 

FOTO : Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya DPUPR Pulang Pisau, Micky Prasetia.

Kaltengnews – PULANG PISAU – Masih kurangnya ketersediaan jaringan pipa air bersih, terutama pada beberapa wilayah seperti Desa Dandang Bahaur, Kec. Kahayan Kuala dan Pandih Bantu membuat pihak Dinas PUPR beserta PDAM Pulpis gencar melakukan pembangunan mulai dari tahun 2022 hingga tahun 2023 mendatang.

Hal itu dibeberkan oleh Micky Prasetia, selaku Kepala Bidang Cipta Karya DPUPR Pulang Pisau, Senin (5/12/2022).

“Tahun ini sampai tahun depan kami pihak DPUPR Pulpis bersama PDAM, sudah dan akan terus melakukan beberapa pembangunan jaringan pipa air bersih terutama pada daerah yang belum tersentuh dan daerah pemukiman baru dibangun,” jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut Micky, bahwa pembangunan pipa air tersebut merupakan program rutin oleh Pemerintah Daerah dalam mengimplementasikan kebijakan umum kepada warga yang belum memiliki akses air bersih serta pemukiman baru dibangun agar memperoleh manfaat dari PDAM secara merata.

“Apabila daerah maupun pemukiman baru yang masih berkembang tidak dilakukan pembangunan serta pemasangan pipa air bersih, dan jika daerah itu tiba-tiba menjadi padat penduduk maka pihak kami beserta PDAM akan keteteran menghadapinya,” ungkapnya.

Secara mekanisme, dijelaskannya juga, bahwa pihaknya membangun jaringan perpipaan air bersih itu menggunakan teknologi yang mumpuni, dengan memakai tabung filtrasi sehingga air dari dalam tanah tersebut dapat dipergunakan dengan aman.

“Tiap-tiap kedalaman pipa pun, secara standarisasi kami, rata-rata harus mencapai 150 meter ke bawah, benar-benar menghasilkan air tanah yang sesuai, kemudian air itu disedot dan masuk kedalam tabung filtrasi, agar menjadi jernih dan baik, barulah dibagikan ke setiap warga,” tuturnya

Diapun berharap program yang telah dilakukan Pemerintah ini, menjadi berguna dan bermanfaat bagi setiap warga di seluruh Kecamatan, Kabupaten Pulang Pisau. (DENNY/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *