Meminimalisir Kerusakan Jalan Umum, Diharapkan Pembangunan Jembatan Timbang Dipercepat 

 Meminimalisir Kerusakan Jalan Umum, Diharapkan Pembangunan Jembatan Timbang Dipercepat 

FOTO : Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Wisman. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Wisman menyampaikan keberadaan jembatan timbang sangat penting untuk meminimalisir kerusakan jalan.

“Kami mendorong percepatan pembangunan jembatan timbang disetiap titik yang dianggap rawan dilintasi kendaraan angkutan dengan muatan berlebihan terutama angkutan PBS di wilayah Kalteng ini,” ucapnya, Kamis (1/12/2022).

Dia juga menerangkan angkutan yang boleh melintasi jalan umum itu kan kapasitasnya hanya 8 ton, dan apabila melebihi dari batas beban muatan itu, pastinya melanggar aturan, jadi apabila jembatan timbang ada bisa untuk memantau pelanggaran tersebut.

“Terkait kapasitas atau batas muatan angkutan itu sudah tertuang dalam Pergub Kalteng Nomor 1 Tahun 2006 tentang tertib pemanfaatan dan pengendalian muatan. Sehingga, untuk mendukung implementasi Pergub tersebut perlu dibangun jembatan timbang,” harapnya.

Lebih dalam, dirinya juga mengatakan banyak titik rawan yang kerap dilintasi angkutan dengan muatan berlebihan, terutama milik PBS di Kalteng ini salah satunya seperti di ruas jalan Palangka Raya-Kuala Kurun. Inilah kenapa perlu secepatnya dibangun jembatan timbang tersebut.

Terlepas dari itu, ia pun mengharapkan apabila nantinya jembatan timbang sudah dibangun, didalam pelaksanaannya supaya dilakukan pengawasan ketat untuk menghindari berbagai pelanggaran seperti pungli.

“Karena keberadaan jembatan timbang ini juga rawan ada permainan selama pelaksanaannya oleh oknum petugas yang berjaga atau oknum sopir angkutan yang melintas. Sehingga perlu pengawasan ekstra agar hal itu tidak terjadi,” ujarnya.

Dirinya berharap, keberadaan jembatan timbang nantinya benar-benar bisa dijalankan dengan optimal oleh pemerintah untuk memantau aktivitas angkutan yang melanggar aturan agar kerusakan jalan umum yang kerap terjadi dapat diminimalisir.

Sebelumnya Kemenhub RI telah menyetujui usulan pembangunan jembatan timbang yang disampaikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kalteng beberapa waktu lalu dalam rapat penetapan lokasi pembangunan jembatan timbang di wilayah Kalteng.

Adapun rencana pembangunan jembatan timbang tersebut yakni berada di tiga lokasi berbeda di Kalteng diantaranya Simpang Runtu Kotawaringin Barat, Bagendang Kotawaringin Timur, dan Lamandau. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *