Legislator Kalteng ini Dukung Upaya Pemulihan Ekonomi Melalui Perbankan

 Legislator Kalteng ini Dukung Upaya Pemulihan Ekonomi Melalui Perbankan

FOTO : Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Hj. Rusita Irma, S.Pi

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA  – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng)  membidangi Keuangan, Hukum dan Pemerintahan, Hj. Rusita Irma, S.Pi mengatakan pemulihan ekonomi masyarakat di tengah ancaman pandemi dan inflasi saat ini merupakan suatu hal yang penting dan memang memerlukan dukungan dari semua pihak, termasuk pula dukungan dari pihak perbankan.

“Peranan perbankan menjadi salah satu bagian penting yang patut diperhatikan. Dalam hal ini, pemerintah daerah dapat memberikan dukungan melalui implementasi kebijakan dan penyertaan modal bagi perbankan, khususnya bank daerah. Dimana dukungan tersebut nantinya dapat dikelola untuk membantu masyarakat di tengah situasi ekonomi yang belum stabil seperti sekarang ini,” ucapnya, Senin (5/12/2022).

Menurut Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau ini mengatakan beberapa hal yang dapat dilakukan atau diimplentasikan, seperti mendukung penghimpunan dana pihak ketiga, berupa Tabungan Giro, Deposito maupun penyalurannya melalui kredit konsumen, kredit modal dan kredit investasi di wilayah Kalteng. Sehingga lebih banyak masyarakat yang dapat dibantu nantinya.

“Melalui kerja sama dalam pemulihan ekonomi, nantinya bank daerah dapat menjadi salah satu sarana yang dapat memfasilitasi pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), KIR atau pembayaran lain bagi masyarakat,” katanya.

Legislator Kalteng dari fraksi PKB ini juga berharap dukungan pemerintah juga dapat menjangkau perluasan kapasitas layanan perbankan, dengan membangun sarana prasarana pendukung, seperti pembangunan kantor cabang pembantu, kantor kas maupun atm secara merata di setiap daerah.

“Untuk pembangunan seperti itu tentu membutuhkan waktu, tapi perlu dilakukan supaya akses layanan perbankan menjadi lebih mudah. Tentunya perbankan juga harus proaktif, terutama dalam memberikan kredit bunga ringan dan bantuan dalam bentuk CSR. Dengan begitu, masyarakat dapat terbantu ekonominya karena memiliki modal lebih untuk memajukan usahanya,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *