Kepengurusan ILUNI-UPR periode 2022-2027 Resmi Dilantik 

 Kepengurusan ILUNI-UPR periode 2022-2027 Resmi Dilantik 

FOTO : Pelantikan Kepengurusan ILUNI-UPR periode 2022-2027 yang dihadiri langsung Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S beserta jajarannya, Kamis (22/12/2022) di Aula Rahan Rektorat UPR. Foto IST.

Kaltengnews.co.id – Palangka Raya – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S menyampaikan penguatan pusat data atau Big Data dari para alumni, diharapkan bisa menjadi salah satu program jangka pendek yang akan dilakukan oleh kepengurusan Ikatan Alumni Universitas Palangka Raya (ILUNI – UPR) periode 2022 – 2027, paska dilantik Kamis (22/12/2022) di Aula Rahan Rektorat UPR.

Dalam kegiatan tersebut, Rektor UPR, Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S, menyampaikan ucapan selamat atas kepengurusan ILUNI-UPR periode 2022-2027 yang baru saja dilantik.

Dia juga berharap kepada seluruh pengurus dan anggota ILUNI-UPR periode 2022-2027 agar dapat bekerjasama menghimpun data alumni yang kini telah tersebar di seluruh wilayah, baik itu di dalam daerah Kalimantan Tengah maupun di luar daerah.

“Tentunya menyiapkan SDM unggul dan menciptakan calon-calon generasi penerus kemajuan pembangunan tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri, tapi membutukan kolaborasi dan kerjasama dari semua pihak, termasuk bekerjasama dengan para alumni,” katanya.

Selain itu, Prof. Salampak juga mengatakan penyelenggaraan Badan Layanan Umum (BLU) UPR, menjadi suatu tantangan kedepan yang mesti dihadapi. Bagaimana pun, ketika perguruan tinggi sudah menjadi BLU, maka yang harus dilakukan yakni mengoptimalkan segala potensi yang ada, termasuk pula mengelola pendapatan dan menjalankan pendidikan dengan baik dan benar.

Selanjutnya, masih di hari dan kegiatan yang sama, Ketua ILUNI-UPR periode 2022-2027 yang baru saja dilantik, saat diwawancarai awak media, Dr. H. Nuryakin, M.Si menyampaikan salah satu upaya yang akan dilakukan, yakni bagaimana bisa menghimpun para alumni UPR yang kini tersebar, baik yang ada didalam negeri maupun yang ada diluar negeri baik yang berporfesi di pemerintahan maupun di swasta.

FOTO : Foto Bersama Pengurus ILUNI-UPR periode 2022-2027 yang dilantik menjadi ketua yakni Dr. Nuryakin, MSi.

“Adapun program jangka menengah yang akan dilakukan, salah satunya melakukan upaya bagaimana mempersiapkan sumber daya manusia dalam rangka mempersiapkan UPR untuk bisa bersaing dengan perguruan tinggi lainya, terlebih dalam peningkatan akreditasinya,” ungkapnya.

Lanjut Dr. Nuryakin yang sekarang juga menjabat sebagai Sekda Provinsi Kalimantan Tengah ini juga mengatakan tentunya dalam mempersiapkan SDM unggul tidak akan selesai pada program di jangka pendek dan menengah saja, akan tetapi perlu dilanjutkan pada program di jangka panjang secara berkesinambungan. Terlebih lagi dalam mempersiapkan SDM sebagai salah satu wilayah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Kami akan mendukung terlaksananya program kegiatan UPR yang tahun depan sudah berstatus Badan Layaan Umum (BLU). Artinya UPR kedepan akan memiliki kewenangan dalam mengelola dan mempertanggung jawabkan penggunaan anggaran,” ujarnya.

Dr. Nuryakin menambahkan di tengah situasi saat ini, penting adanya kolaborasi dan sinergitas antara pihak swasta, dan pemerintah, dan pihak manapun untuk mempersiapkan SDM unggul, profesional dan berdaya saing tinggi, melalui jalur pendidikan tinggi, terutama yang merupakan lulusan dari UPR ini.

“Melalui status BLU, maka diharapkan kedepan UPR bisa mandiri. walaupun kita akui, menuju kemandirian itu perlu proses dan tahapan,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!