Jelang Nataru, Harga Bahan Pokok di Gumas Masih Stabil

 Jelang Nataru, Harga Bahan Pokok di Gumas Masih Stabil

FOTO : Pegawai dari DPKP Kabupaten Gunung Mas saat melakukan pemantauan harga bapok di pasar tradisional daerah Gumas, Jumat (16/12/2022).

Kaltengnews.co.id – KUALA KURUN – Menjelang Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) pemerintah kabupaten (Pemkab) Gunung Mas, melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) setempat melakukan pemantauan kondisi harga bahan pokok (bapok) di sejumlah di wilayah setempat.

Kepala DPKP Kabupaten Gunung Mas, Hansli Gonak menyampaikan harga sejumlah bahan pokok, sejak Oktober hingga Desember 2022 ini masih terjaga normal. “Terkait harga kebutuhan pokok di wilayah setempat terbilang masih stabil, karena sesuai data dari bulan lalu ada sebagian harga yang masih tetap seperti beras hingga kebutuhan lain harga tetap standar. Untuk harga bapok kita di Gumas berpariasi ada sebagian saja yang mengalami kenaikan, tetapi banyak yang masih harga tetap atau masih stabil, artinya tidak ada lonjakan seperti beras premium perkilonya mencapai Rp16 ribu sama seperti bulan lalu,” ucap Hansli Gonak, Jumat (16/12/2022).

Lanjutnya, beberapa komoditas memang mengalami kenaikan,  seperti jenis bahan makanan misalnya beras hibrida naik sekitar Rp1000, perkilonya dari harga sebelumnya hanya Rp11 ribu. Kemudian, beras sari wangi mencapai Rp14 ribu, beras merk karang dukuh mencapai Rp16 ribu.

Sedangkan, bawang putih dengan harga Rp40 perkilo, namun untuk harga daging sapi  ada penurunan dari harga awal Rp 160 ribu, dan turun sekitar Rp155 ribu. Lalu, ada daging ayam turun dari Rp 50 ribu turun sekitar Rp 45 ribu.

“Yang mengalami penurunan harga seperti cabai rawit dari harga Rp 100 ribu, turun Rp 90 ribu perkilonya, dan untuk harga kebutuhan barang lainnya harga masih tetap,” ujar dia.

Sedangkan utuk ketersedian bapok di daerah kecamatan, dia berujar, khususnya di Gumas mulai dari beras, garam, ikan, tepung, telor, susu, cabai, kacang, sayur dan lain-lainnya dinilai masih cukup serta harganya pun masih normal. (nya/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!