Jadikan Produk “Mamin” Olahan UMKM Lokal sebagai Bingkisan Natal

 Jadikan Produk “Mamin” Olahan UMKM Lokal sebagai Bingkisan Natal

Foto : Nenie A Lambung

Kaltengnews.co.id – Palangka Raya – Tidak bisa dipungkiri, memasuki era perdagangan yang terus meningkat setiap waktunya saat ini, maka kualitas produksi dan daya saing harus diperhatikan. Terutama oleh kalangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Salah satu contoh pasti adalah, bagaimana pelaku UMKM dapat memanfaatkan produk usaha yang dihasilkan untuk dipasarkan sebagai parsel atau bingkisan Natal,” ungkap Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung, baru-baru ini.

Srikandi DPRD Palangka Raya dari Fraksi PDI Perjuangan ini melihat, produk UMKM di Palangka Raya, seperti kuliner atau makanan dan minuman (Mamin), tidaklah kalah dalam kualitas. Termasuk produk makanan dan minuman kemasan.

Menurut Nenie, sejauh ini sangat jarang sekali produk hasil UMKM mampu dimanfaatkan jadi parsel atau bingkisan Natal. Padahal, jika pelaku UMKM jeli, maka seharusnya peluang itu bisa ditangkap.

“Kurang lebih satu minggu menjelang Natal dan dua minggu memasuki Tahun Baru 2023, masih ada kesempatan bagi pelaku UMKM untuk mencoba menjadikan produknya sebagai bingkisan untuk dipasarkan,”usulnya.

Nenie yakin, produk UMKM di Palangka Raya memiliki daya saing yang tak kalah kualitasnya dengan produk hasil industri yang dipaketkan menjadi parsel selama ini.

Karenanya, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya harus bisa mendorong UMKM untuk bisa menangkap peluang menjadikan atau membuat produknya menjadi paket parsel lebaran.

“Masyarakat juga diharap dapat lebih menggunakan produk usaha lokal dibanding produk luar. Sementara pelaku usaha retail modern, swalayan maupun mini market juga diharap dapat memanfaatkan serta ikut mempromosikan produk UMKM tersebut,” pungkasnya. (VD/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!