Diproyeksikan Sejumlah Kecamatan di Pulpis Mengalami Hujan Intensitas Tinggi Disertai Cuaca Ekstrem 

 Diproyeksikan Sejumlah Kecamatan di Pulpis Mengalami Hujan Intensitas Tinggi Disertai Cuaca Ekstrem 

FOTO : Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pulang Pisau, Osa Maliki (paling depan) saat meninjau lokasi banjir beberapa waktu lalu. 

Kaltengnews.co.id – PULANG PISAU – Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau, Osa Maliki menyampaikan pada beberapa pekan kedepan, berdasarkan analisa BPBD Pulpis, area di seputaran Kecamatan Banama Tingang, Kahayan Tengah dan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau diperkirakan akan mengalami hujan, dengan intensitas tinggi disertai potensi cuaca ekstrem.

Ujarnya, ketiga kecamatan ini merupakan daerah yang berada di wilayah hulu kabupaten Pulang Pisau. Sedangkan, di beberapa wilayah hilir Kabupaten Pulang Pisau, yakni Kecamatan Kahayan Hilir, Maliku, Pandih Batu, serta Sebangau juga akan mengalami kondisi yang sama.

Berkenaan adanya proyeksi tersebut, Osa juga mengimbau kepada masyarakat di wilayah yang dimaksud, untuk bisa tetap meningkatkan kewaspadaan, terlebih dikhawatirkan kondisi ini akan disertai banjir ROB.

“Kita tetap merujuk dengan data-data dari BMKG, serta informasi mengenai kondisi faktual dilapangan oleh tim-tim yang telah disiapkan, agar secara sigap dan siap dalam menghadapi bahaya ancaman bencana banjir di Pulang Pisau,” ucapnya, Jumat (2/12/2022).

Lanjut Osa mengungkapkan saat ini memang kondisi air yang telah membanjiri beberapa wilayah Kecamatan di Pulang Pisau para beberapa waktu lalu telah berangsur-angsur surut. Sehingga, senin mendatang Pihak BPBD beserta Tim di Lapangan akan segera melakukan pembersihan-pembersihan fasilitas daerah di beberapa lokasi.

“Untuk beberapa lokasi, kami bersama tim dilapangan akan melakukan pembersihan di tiap-tiap fasilitas umum seperti gereja, masjid, langgar, balai kaharingan, sekolah-sekolah mulai dari tk, sd, smp dan sma, kemudian fasilitas kesehatan seerti pustu,” tuturnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya untuk semua pihak donatur yang telah meringankan beban para pengungsi korban banjir.

“Kita telah mengantisipasi kondisi para pengungsi terutama kepada tiga Kecamatan yakni Banama Tingang, Kahayan Tengah, serta Jabiren Raya. Seberapa jumlah Kepala Keluarga nya, segitulah jumlah bantuan yang disuplai baik dari Kabupaten dan Provinsi Kalteng. Saya mewakili warga Pulpis, berterima kasih juga kepada semua pihak donatur yg telah memberikan bantuan kepada para korban bencana alam banjir,” tandasnya. (DENNY/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *