Diperlukan Kolaborasi Pemda Bersama Masyarakat untuk Pengembangan Desa Wisata

 Diperlukan Kolaborasi Pemda Bersama Masyarakat untuk Pengembangan Desa Wisata

FOTO : Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) membidangi Pariwisata, Pendidikan dan Kesehatan Duwel Rawing.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) membidangi Pariwisata, Pendidikan dan Kesehatan Duwel Rawing mendorong pemerintah daerah (Pemda) baik itu pemerintah provinsi, kabupaten maupun kota untuk berkolaborasi dengan masyarakat, dalam upaya pembangunan dan pengembangan Desa Wisata.

“Keberadaan Desa Wisata akan memberikan banyak manfaat, baik itu bagi pemerintah daerah maupun masyarakat sekitar, terutama dalam upaya meningkatkan perekonomian dan lapangan kerja,” ucapnya, Senin (5/12/2022).

Lanjut Politisi Senior dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalteng ini juga menyebut ada beberapa faktor yang saat ini perlu diperhatikan dalam pengembangan Desa Wisata. Salah satunya adalah penggalian dan pengelolaan potensi wisata secara optimal, dimana pemerintah dan masyarakat harus mampu berkolaborasi dalam aspek pengembangannya.

“Melalui Desa Wisata secara otomatis akan membawa banyak dampak positif, diantaranya mendatangkan keuntungan dari segi Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak pariwisata dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat,” ungkapnya.

Lebih dalam, dia menambahkan banyak potensi wisata di Bumi Tambun Bungai yang bisa digali oleh masyarakat dan pemerintah dalam mendukung pengembangan Desa Wisata. Misalnya dibidang kuliner dengan menonjolkan makanan tradisional, susur sungai menggunakan Sampan (Perahu Kecil,-red), hingga kegiatan-kegiatan yang menunjukan kearifan lokal suku Dayak.

“Apabila semua itu bisa tergali secara optimal, tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan progres Desa Wisata dipastikan berjalan sebagaimana mestinya, disamping pemerintah juga memberikan dukungan seperti ketersediaan Sarana – Prasarana (Sapras) dan Fasilitas pendukung seperti MCK dan penginapan,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!