Anggaran Penanganan HIV/AIDS Diharapkan Bertambah 

 Anggaran Penanganan HIV/AIDS Diharapkan Bertambah 

Foto : Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Susi Idawati.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Susi Idawati, berharap agar anggaran untuk program HIV/AIDS di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) perlu ditambahkan setiap tahunnya.

Harapan dan pandangan itu disampaikan Susi, berkenaan dengan peringatan Hari AIDS se dunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember.

“Perlu ditambahnya dana untuk program HIV/AIDS, mengingat Kota Palangka Raya merupakan pusat ibu kota dengan risiko penularan yang lebih tinggi dari daerah lainnya yang ada di Kalteng,”ungkap Susi, Kamis (1/12/2022).

Terlepas dari itu lanjut srikandi DPRD Palangka Raya dari Fraksi Partai Nasdem ini, pihaknya tetap mendukung langkah pemerintah dalam penanganan HIV/AIDS. Terlebih Dinkes sebagai mitra utama dari Komisi C DPRD, akan selalu bekerjasama.

“Dinkes sebagai mitra utama kami sejauh ini selalu bekerjasama dalam berbagai program, atau banyak program yang bisa dlakukan untuk menekan laju penyebaran virus HIV/AIDS,”beber Susi, yang juga menjabat Sekretaris KPA Kota Palangka Raya ini.

Disampaikan Susi, bicara regulasi khusus di Kota Palangka Raya, maka saat ini masih belum ada yang mengatur terkait penanganan HIV/AIDS. Namun demikian, pihaknya masih mengacu pada Perda Provinsi Nomor 8 Tahun 2011.

“ Dalam Perda Provinsi Nomor 8 Tahun 2011, isinya sudah lengkap dalam penanganan HIV (Human Immunodeficiency Virus)/HIV (Human Immunodeficiency Virus),” sebutnya.

Sejatinya tambah Susi, persoalan HIV dan AIDS adalah kembali kepada kesadaran individual untuk menjaga diri agar tidak tertular dan menularkan kepada orang lain. Namun demikian, stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV AIDS atau ODHA harus dihilangkan. (VD/YS) 

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *