Waspadai Malaria Ketika Musim Pancaroba Tiba

 Waspadai Malaria Ketika Musim Pancaroba Tiba

FOTO : Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau, dr. Pande Putu Gina.

Kaltengnews.co.id – PULANG PISAU – Musim pancaroba biasanya menimbulkan berbagai macam jenis penyakit tidak terkecuali Virus Malaria yang disebabkan oleh gigitan Nyamuk Anopheles.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Pulang Pisau gencar memberikan arahan kepada seluruh Desa dan Kelurahan agar melakukan kegiatan Surveilans Migrasi atau survei untuk menemukan penderita malaria dengan cara pengambilan sample darah masyarakat yang datang dan pergi dari daerah endemis.

Perihal tersebut di jelaskan dr. Pande Putu Gina yang baru-baru ini telah dilantik menjadi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau.

“Memang yang perlu kita waspadai kebanyakan dari warga-warga Pulpis yang baru pulang dari lokasi tambang rakyat misalnya dari daerah hulu sungai kahayan, kapuas, dan katingan,” ungkap, dr. Pande sapaan akrabnya, Selasa (29/11/2022).

Akan tetapi, dr. Pande menerangkan, bahwa hingga kini di Kabupaten Pulang Pisau, kasus malaria berstatus eliminasi atau jika dirata-ratakan kasus malaria sudah dibawah satu per seribu (1/1000) penduduk.

“Kita terus mengimbau kepada perangkat desa, apabila ada warganya yang baru datang dari wilayah luar untuk tetap menjalani tes cepat penularan virus malaria, sehingga jika ada yang positif tidak menularkan warga lain. Karena orang yang sudah berulang kali kena malaria, gejalanya bisa saja gak muncul, namun tetap bisa menularkan ke yang lain,” tukasnya.

Diharapkannya, dukungan Pemerintah dalam melakukan kegiatan Surveilans Migrasi Malaria itu , sebagai skrinning dan upaya dalam mencegah masuknya penyakit malaria. (DENNY/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *