Wabup Gumas Resmikan Kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Elektronik 

 Wabup Gumas Resmikan Kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Elektronik 

FOTO : Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing didamping Kadis Diskominfo Ruby Haris saat membuka kegiatan sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Elektronik, di aula Bappeda, Rabu (23/11/2022). 

Kaltengnews.co.id – KUALA KURUN – Wakil Bupati Gunung Efrensia LP. Umbing didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo Santik) secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Elektronik, di aula Bappedalitbang Gumas, Rabu (23/11/2022).

Kegiatan sosialisasi ini dinilai sangat penting dilaksanakan, karena mengacu pada Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP. Umbing menyampaikan sertifikat elektronik ini juga tertuang di Permen Kominfo RI Nomor 11 Tahun 2018, Pasal 22 disebutkan Penyelenggaran Sistim Elektronik untuk pelayanan publik wajib menggunakan Sertifikat Elektronik.

“Dengan SPBE ditujukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya,” ucap Wakil Bupati, saat membuka secara resmi kegiatan sosialisasi pemanfaatan sertifikat elektronik.

Lanjut Efrensia mengatakan sistem tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional juga diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Menurutnya, revolusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan peluang bagi pemerintah untuk melakukan inovasi pembangunan aparatur negara melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau E-Government.

“Penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan TIK untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah, aparatur sipil negara, pelaku bisnis, masyarakat dan pihak-pihak lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Santik Gumas Ruby Haris menjelaskan, digunakannya Sertifikat Elektronik adalah menjamin integritas data, efisiensi waktu, serta penandatanganan data dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun sehingga akan meningkatkan kepercayaan Pemerintah.

“Sedangkan persertanya ada 60 orang, terdiri dari pejabat eselon II, dan camat se- Kabupaten Gumas, lalu untuk lama kegiatan dilaksanakan selama satu hari,” tandasnya. (nya/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *