Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Dorong Pemda Lakukan Terobosan 

 Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Dorong Pemda Lakukan Terobosan 

FOTO : Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas, Kuwu Senilawati. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas, Kuwu Senilawati mendorong pemerintah daerah (Pemda) di Kalimantan Tengah, supaya dapat merancang sejumlah program terobosan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi masyarakat ekonomi bawah yang dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bisa dilakukan dengan meningkatkan perekonomian masyarakat itu sendiri, sebab kurangnya kesejahteraan salah satunya yakni akibat perekonomian yang kurang memadai,” ucapnya, Selasa (29/11/2022).

Lanjut Srikandi Dewan dari Fraksi Partai Gerindra DPRD Kalteng ini juga menerangkan kurang memadainya perekonomian membuat masyarakat tidak sejahtera. Jadi, hal ini harus bisa diperhatikan oleh pemerintah, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kesejahteraan masyarakat ini bisa meningkat.

Kuwu menyebutkan mayoritas masyarakat di Kalteng ini terutama di daerah-daerah termasuk pedesaan merupakan petani, dan dari kalangan masyarakat tersebut ada banyak yang kurang bahkan tidak sejahtera, sebab memiliki taraf ekonomi yang rendah.

“Hal ini dikarenakan pendapatan dari hasil usaha yang digeluti sangat minim. Misalnya saja, bagi petani karet dan rotan, dengan harga kedua komoditas itu yang tidak stabil, sehingga membuat perekonomian masyarakat jadi terganggu, sehingga dari hasil usaha tersebut belum bisa mensejahterakan mereka,” bebernya.

Lebih dalam, dirinya juga mengatakan perlu ada solusi dari pemerintah untuk menangani masalah itu, contohnya dengan menstabilkan harga karet dan rotan, apabila harganya stabil maka perekonomian masyarakat akan meningkat, otomatis masyarakat juga akan sejahtera.

“solusi lain yang dapat dilakukan yakni dengan memberikan bantuan modal dan pelatihan, sehingga masyarakat tidak selalu bergabung dari hasil pertanian tapi juga dapat bertahan dengan usaha baru yang bisa dijalankan dan menjanjikan,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan akibat kurang sejahtera, banyak masyarakat yang beralih profesi menjalani usaha illegal, seperti salah satunya menambang emas, karena mereka beranggapan harga emas lumayan agak mahal dan lebih menguntungkan dari segi ekonomi.

Namun, di sisi lain usaha menambang emas illegal tersebut sangat berbahaya bagi keselamatan dan rawan berbenturan dengan hukum, bahkan masyarakat mengetahui itu tapi apalah daya tidak ada pilihan lain, karena usaha itu salah satu yang harus dijalankan agar bisa sejahtera.

Ia juga berharap mengenai kesejahteraan masyarakat tersebut harus bisa menjadi fokus pemerintah untuk memperhatikannya. Sebab, pihaknya tidak ingin banyak hal-hal negatif yang timbul dikemudian hari akibat persoalan tersebut.

“Apalagi saat ini berbagai permasalahan timbul seperti Covid-19, ancaman resesi global, inflasi, dan lain-lain membuat akan banyak lagi masyarakat yang tidak sejahtera. Maka dari itu harus ada solusi dari pemerintah untuk mengatasi,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *