Tiga Desa di DAS Barito Sepakat Hibahkan Tanah untuk Pembangunan SMA/SMK

 Tiga Desa di DAS Barito Sepakat Hibahkan Tanah untuk Pembangunan SMA/SMK

FOTO : Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya, Henry M. Yoseph.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya, Henry M. Yoseph menyampaikan berdasarkan hasil reses dalam daerah yang dilaksanakan pada beberapa waktu lalu, khususnya di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, dimana ada tiga desa telah bersepakat untuk menghibahkan tanahnya, untuk pembangunan sekolah menengah umum ataupun sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

“Adapun tiga desa dimaksud, yakni Desa Dirung Sararong, Desa Tumbang Masalo dan Desa Kohong,” ucapnya, Selasa (29/11/2022).

Lanjut Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Tengah ini juga mengatakan kesepakatan dari tiga desa tersebut, bukan tidaklah beralasan, mengingat hingga saat ini di wilayah tiga desa ini, keberadaan fasilitas SMA/SMK sederajat sangat minim.

Sehingga, masyarakat di tiga desa tersebut, berinisiatif untuk menghibahkan tanahnya supaya dapat dibangun fasilitas SMA/SMK sederajat.

“Atas pertimbangan ini, maka dari itu diharapkan pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah, yang memiliki wewenang untuk mengurusi SMA/SMK sederajat, dapat segera berkoordinasi dengan pemerintah di tiga desa dimaksud, guna menanggapi dan mengakomodir keinginan dari masyarakat setempat,” pintanya.

Selain itu, Dia juga menyebut masyarakat di Desa Batu Tojah juga sangat mengharapkan agar pemerintah daerah, baik itu pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten, secara bersama-sama membangun sarana jalan akses antar desa dan jalan di dalam desa.

Selebihnya, masyarakat desa juga mengharapkan, adanya potensi lapangan pekerjaan, khususnya serapan warga lokal untuk bekerja di perusahaan -perusahan yang ada dan beroperasi di wilayah mereka. Masyarakat berharap, pemerintah dapat memfasilitasi hal tersebut.

“Adanya lowongan kerja dari perusahaan-perusahaan sekitar atau lebih mengutamakan menyerap tenaga kerja dari warga sekitar, tentu akan membantu pembangunan ekonomi daerah itu,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *