Tidak Semua Sekolah Bisa Jalankan ANBK Secara Lancar

 Tidak Semua Sekolah Bisa Jalankan ANBK Secara Lancar

FOTO : Guru dan murid di Desa Bereng Malaka sedang melaksanakan ANBK di kebun sawi wilayah desa setempat, Selasa (1/11/2022). 

Kaltengnews.co.id – KUALA KURUN – Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunung Mas Aprianto, melalui Kabid Pembinaan SD dan SMP Silpanus menyampaikan setiap sekolah yang sudah menerapkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK, memiliki suatu keunggulan tersendiri, seperti anak didik bisa semakin kreatif.

Namun itu akan beda halnya, untuk sekolah yang berada di beberapa wilayah yang masih belum teraliri listrik PLN dan tidak ada jaringan internet, tentunya akan sedikit terkendala.

“Selama ini, kegiatan ANBK di sejumlah sekolah sudah berjalan dengan sangat baik, karena telah dilakukan sesuai jadwal dan didukung sarana prasarana yang ada. Namun, ada pula sejumlah sekolah yang masih belum secara lancar mengikuti ANBK, lantaran keterbatasan aliran listrik PLN maupun tidak adanya jaringan internet,”  ucapnya, Rabu (2/11/2022).

Lanjut Silpanus mengatakan memang saat ini, tidak semua sekolah di wilayah Kabupaten Gunung Mas menerapkan ANBK.

Hal ini, lantaran adanya berbagai keterbatasan, seperti belum tersambungnya jaringan listrik PLN ataupun tidak adanya jaringan internet, misalnya di SDN Bereng Malaka, Kecamatan Rungan yang masih belum bisa menerapkan ANBK.Sehingga, hal ini sangat wajar apabila tidak semua sekolah menerapkan ANBK secara lancar.

“Kendati demikian, upaya yang dilakukan pihak SDN 1 Bereng Malaka memang patut diapresiasi. Karena, untuk bisa mengikuti kegiatan ANBK, mereka pun rela mendirikan tenda atau pondok, demi mendapatkan signal agar bisa mengikuti ANBK yang diselenggarakan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, dirinya juga menuturkan para guru juga membawa sumber listrik, yakni mengunakan solar cell yang jaraknya sekitar 2 kilometer lebih ke kebun sawit, untuk bisa mengikuti ANBK di sekolah tersebut,

“Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dinilai sangat luar biasa, sebab meski dengan keterbatasannya mereka tetap mengupayakan agar anak-anak didiknya bisa lancar mengikuti kegiatan ANBK. Untuk itu, kami dari dinas, kedepannya juga akan berusaha memfasilitasi pihak sekolah untuk bisa mengikuti kegiatan ANBK secara lancar, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku,” tandasnya. (nya/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *