Selama Banjir Dewan Pulpis Ingatkan Warga Tingkatkan Kewaspadaan 

 Selama Banjir Dewan Pulpis Ingatkan Warga Tingkatkan Kewaspadaan 

FOTO : dari kiri ke kanan, Bupati Pulpis Pudjirustaty Narang, Waket I DPRD Pulpis, H. Ahmad Fadli Rahman, Ketua DPRD Pulpis, H. Ahmad Rifai. 

Kaltengnews.co.id – PULANG PISAU – Ketua DPRD Pulang Pisau, H Ahmad Rifai mengimbau warga bumi Handep Hapakat meningkatkan kesiapsiagaan dan waspada terhadap Bencana banjir yang kerap terjadi terutama sekitaran Kecamatan Jabiren Raya, Desa Tumbang Nusa, Kecamatan Kahayan Tengah dan Banama Tingang akhir belakangan ini.

“Penetapan status siaga darurat berupa Surat Penetapan Bupati nomor 531 tahun 2022 Pulpis mengenai bencana banjir luapan tersebut, sebagai pihak legislatif kami meminta warga meningkatkan kewaspadaan dan selalu berhati-hati dalam situasi pancaroba ini,” ungkap H. Rifai sapaan akrabnya, Kamis (24/11/2022).

Legislator Golkar ini mengatakan selain curah hujan yang cukup tinggi, banjir di beberapa wilayah di Pulang Pisau juga disebabkan luapan anak sungai rungan, sehingga air DAS Kahayan semakin naik sampai ke pemukiman rumah warga dan menggenangi jalan, seperti yang terjadi di Jalur Lintas Trans Kalimantan Palangka Raya – Banjarmasin.

”Namun selama bencana banjir ini, warga sebaiknya tetap melakukan aktifitas sesuai kebutuhan, namun tetap siaga dan waspada, jika sewaktu-waktu debit air naik lagi “ucapnya.

lanjutnya, bahwa dari analisa BMKG bulan november hingga desember ini diprediksi curah hujan semakin tinggi dengan sifat diatas normal disertai petir dan kilat.

“Kami juga meminta kepada selurug warga yang masih melakukan rutinitas melalui jalan trans kalimantan, untuk selalu hati-hati dan tidak saling mendahului, tetap utamakan keselamatan dan kesabaran,” pintanya.

Diharapkannya pula masyarakat tetap patuh serta mentaati aturan darurat yang telah di ciptakan agar bersama-sama mampu menghadapi kondisi alam secara sigap dan kondusif. (DENNY/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!