Sektor Pendidikan di Daerah Pelosok Perlu Menjadi Perhatian Bersama 

 Sektor Pendidikan di Daerah Pelosok Perlu Menjadi Perhatian Bersama 

FOTO : Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan, Sinar Kamala

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan, Sinar Kamala meminta seraya mendorong kepada pemerintah daerah (Pemda) baik itu pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten maupun pemerintah kota di Kalimantan Tengah agar dapat saling bersinergi meningkatkan pelayanan pendidikan, khususnya di daerah pelosok.

Menurutnya, sektor pendidikan di daerah pelosok, memang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, masih banyak daerah pelosok sektor pendidikannya masih kurang mendapat perhatian.

“Sebagaimana diatur dalam UUD 1945, pelayanan pendidikan merupakan hak dasar bagi seluruh warga negara Indonesia. Dan, untuk itulah saya pun meminta kepada pemda di Kalimantan Tengah agar bisa lebih menaruh perhatian dalam upaya pemenuhan layanan di sektor pendidikan di daerah pelosok,” katanya, Jumat (4/11/2022).

Lanjutnya, terkait sektor pendidikan, mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah telah mencanangkan sejumlah program peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui sektor pendidikan, mulai dari wilayah perkotaan hingga wilayah pelosok di Indonesia, termasuk pula di Kalimantan Tengah ini.

Dirinya juga menyebutkan sektor pendidikan juga sangat penting bagi masyarakat, terutama dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan kebodohan, sekaligus pula meminimalisir angka pernikahan dini di masyarakat.

Hal penting lainnya, yakni terkait ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, termasuk pula pemerataan penempatan tenaga pendidik atau guru di seluruh daerah pelosok Kalimantan Tengah ini.

Lebih dalam, dirinya juga menuturkan sinergitas antar pemda baik itu pemerintah provinsi, kabupaten dan kota sangat diharapkan guna meningkatkan pelayanan pendidikan di provinsi ini, dan hal yang paling utama yaitu memperhatikan sarana dan prasarana pendidikan serta menugaskan tenaga pendidik atau guru secara merata.

“Untuk itu, saya mendorong kepada Pemda di Kalimantan Tengah, supaya tidak abai terhadap sektor pendidikan. Mengingat, sektor pendidikan merupakan salah satu sektor yang sangat vital, dan menyangkut kehidupan sosial menuju yang lebih baik,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *