Sapras Faskes Erat Kaitannya dengan Optimalisasi Layanan Kesehatan 

 Sapras Faskes Erat Kaitannya dengan Optimalisasi Layanan Kesehatan 

FOTO : Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, bidang Kesehatan, Pendidikan dan Pariwisata dr. Niksen S Bahat. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, bidang Kesehatan, Pendidikan dan Pariwisata dr. Niksen S Bahat mendorong pemerintah daerah (Pemda) di seluruh wilayah Kalimantan Tengah ini, guna meningkatkan sarana prasarana (Sapras) rumah sakit yang ada di setiap daerah.

“Ketersediaan sarana dan prasarana, utamanya rumah sakit milik daerah itu sangat perlu ditingkatkan. Sebab, hal ini juga berkaitan dengan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, supaya dapat berjalan dengan lancar,” kata Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng.

Lanjut dr. Niksen yang juga berprofesi sebagai tenaga kesehatan ini juga mengatakan perhatian terhadap peningkatan sarana atau fasilitas kesehatan ini jangan hanya dilakukan di rumah sakit rujukan saja misalnya RSUD Doris Sylvanus, tapi juga rumah sakit-rumah sakit yang ada di kabupaten maupun kota di seluruh wilayah provinsi ini.

“Mengenai pelayanan kesehatan ini juga menjadi salah satu usulan kami dari fraksi NasDem di DPRD Kalteng ke pemda, terutama provinsi dengan meningkatkan sarana atau fasilitas di rumah sakit yang ada di seluruh wilayah Kalteng ini,” katanya lagi.

Tidak hanya itu, Kader Partai NasDem ini juga menginginkan, pemda harus dapat mengakomodir peningkatan sarana rumah sakit yang membutuhkan perhatian, seperti halnya rumah sakit daerah di sejumlah kabupaten maupun kota, di mana pihak rumah sakit tersebut, juga meminta bantuan pembangunan atau rehab gedung ataupun melengkapi peralatan kesehatan yang dianggap perlu.

“Dalam beberapa kali reses dalam daerah, sejumlah usulan disampaikan oleh masyarakat, utamanya terkait peningkatan fasilitas kesehatan berikut sarana prasarananya dari pemerintah daerah. Begitupun halnya puskesmas pembantu di desa hingga puskesmas di sejumlah kecamatan juga memerlukan perhatian dari pemerintah daerah,” ungkapnya.

Lebih dalam, dirinya juga menuturkan usulan tersebut memang sering disampaikan, namun kendalanya anggaran yang tersedia sangat minim, sehingga pemerintah setempat atau pihak fasilitas kesehatan, sangat mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah maupun pemerintah pusat

“Kendala mereka yaitu dari segi anggaran yang kurang memadai, jadi mereka sangat mengharapkan bantuan dari Pemprov Kalteng. Harapan kita tentu hal ini bisa diperhatikan, tidak hanya di rumah sakit itu saja, tapi seluruh fasilitas kesehatan yang ada hingga ke pelosok daerah di wilayah Kalimantan Tengah ini,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!