Rakornis DAD Kalteng 2022 Tetapkan Sejumlah Program Priotas Tahun 2023

 Rakornis DAD Kalteng 2022 Tetapkan Sejumlah Program Priotas Tahun 2023

FOTO : Pengurus DAD Provinsi Kalimantan Tengah, usai menggelar Rakornis DAD Kalteng Tahun 2022. Kegiatan berlangsung di aula pertemuan Hotel Dandang Tingang, Kota Palangka Raya, Rabu (30/11/2022).

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Tahun 2022, selama dua hari sejak 29 hingga 30 November 2022, bertempat di aula pertemuan Hotel Dandang Tingang, Kota Palangka Raya.

Ketua Pelaksana Rakornis DAD Kalteng tahun 2022, HM. Rizal menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan dan mematangkan program kerja (Proker) DAD Kalteng di  tahun 2023 mendatang.

“Dalam kepengurusan DAD Kalteng periode ini, ada 17 biro yang merumuskan program priotasnya. Dimana, berdasarkan hasil pertemuan hari ini, masing-masing kepala biro ditunjuk sebagai tim perumus yang selanjutnya akan mengkoordinir masing-masing biro, untuk menyusun dan membahas lebih lanjut program priotas yang akan dilaksanakan di tahun 2023 mendatang,” ucap Ketua Pelaksana Rakornis DAD Kalteng tahun 2022, Rabu (30/11/2022).

HM. Rizal mengatakan program priotas yang disusun, diharapkan dapat benar-benar mengakomodir kemajuan masyarakat adat di Kalimantan Tengah.

Dia berharap keberadaan DAD di tengah masyarakat Kalteng akan mampu melestarikan adat istiadat dan budaya yang ada di Kalimantan Tengah, terutama di tengah kemajuan zaman sekarang ini.

Menurutnya, DAD Kalimantan Tengah berdiri untuk mewujudkan kebersamaan, serta menciptakan sinergitas dan kolaborasi antar pihak, terlebih dalam rangka memajukan masyarakat adat di wilayah Kalimantan Tengah ini.

Sementara itu, masih di hari dan tempat yang sama, Ketua Umum DAD Provinsi Kalimantan Tengah, H. Agustiar Sabran melalui Wakil Ketua Umum DAD Kalteng, Walter S Penyang menyampaikan semua program yang dibahas di Rakornis DAD tahun 2022 ini, tujuannya yakni tidak lain, untuk menjaga kedamaian, serta mewujudkan kemajuan masyarakat adat Kalimantan Tengah. Sehingga, mampu menciptakan kehidupan masyarakat Dayak yang tentram.

Walter juga mengatakan dalam melaksanakan kegiatan atau program priotas DAD Kalteng tahun 2023 mendatang, hal yang selalu kita tekankan yakni kedamaian, serta bagaimana menciptakan orang Dayak untuk bisa mendapatkan perhatian penuh.

“Sehingga kehidupan masyarakat Dayak, kedepannya lebih baik lagi. Seperti sambutan yang disampaikan Ketua Umum DAD pada saat membuka kegiatan rakornis kemaren,” ujarnya.

Di lain sisi, Sekretaris Umum DAD Provinsi Kalimantan Tengah, Yulindra Dedy menyebut Rakornis tahun 2022 ini dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi dari seluruh pengurus DAD Provinsi Kalteng yang ada saat ini.

“Karena memang komposisi seluruh pengurus DAD periode ini sudah sangat lengkap. Semua Ormas-ormas Dayak yang ada di Kalteng, kita perlu satukan pemahaman, satukan pengertian tentang tugas fungsi dari DAD Provinsi Kalimantan Tengah. Sehingga, dalam melaksanakan tugas kedepannya kita perlu satu visi dalam rangka membangun DAD ini, untuk pemberdayaan, pelestarian dan kearifan lokal yang ada di Kalteng,” terangnya.

Yulindra Dedy juga menekankan bagaimana DAD Provinsi Kalimantan Tengah, bisa mengejawantahkan Falsafah hidup Huma Betang,  dalam  menjalankan organisasi ini, terlebih untuk kepentingan masyarakat adat Dayak di wilayah Bumi Tambun Bungai ini.

“Hal terpenting lagi, di tahun 2023 mendatang, kami juga menargetkan adanya pemetaan dan penetapan wilayah masyarakat hukum adat di Bumi Kalimantan Tengah. Untuk itu, kami juga meminta seraya mendorong seluruh pengurus DAD di tingkat kabupaten maupun kota di Kalimantan Tengah, supaya dapat secara proaktif mengusulkan wilayah-wilayah mana saja yang ada masyarakat hukum adatnya.”

“Sehingga, kami pun bisa mengusulkan dan berkoordinasi kepada pemerintah daerah, maupun pemerintah pusat, terkait usulan wilayah-wilayah masyarakat hukum adat sebagaimana dimaksud,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *