Pusat Industri Berskala Besar Selayaknya Berdiri di Kalteng

 Pusat Industri Berskala Besar Selayaknya Berdiri di Kalteng

FOTO : Anggota Komisi IV DPRD Kalteng membidangi Pembangunan Infrastruktur dan Ketenagakerjaan, H. Purman Jaya.  

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Untuk mengurangi ketergantungan dari luar daerah, maka sebaiknya di wilayah Kalimantan Tengah ini, sudah sepantasnya memiliki kawasan industri terpadu. Hal ini, sebagaimana diharapkan oleh Anggota Komisi IV DPRD Kalteng membidangi Pembangunan Infrastruktur dan Ketenagakerjaan, H. Purman Jaya.

“Saya menilai bahwa idealnya, Kalimantan Tengah ini bisa memiliki kawasan atau pusat industri terpadu. Dimana, tujuannya untuk mengurangi ketergantungan dari luar daerah Kalimantan Tengah, sekaligus meningkatkan nilai jual bahan mentah menjadi bahan setengah, bahkan menjadi produk olahan jadi. Sehingga, melalui keberadaan pusat industri terpadu dimaksud, juga dapat meningkatkan nilai jual atas hasil sumber daya alam yang berasal dari dalam Kalimantan Tengah ini,” ucapnya, Selasa (01/11/2022).

Lanjut Politisi PKB ini juga mengatakan keberadaan pusat industri terpadu ini, kedepan juga dinilai dapat membuka lapangan pekerjaan secara lebih luas lagi. Sehingga, diharapkan akan semakin banyak SDM lokal yang terserap di dunia industri dimaksud.

Hal penting lagi, ujar Purman adalah mempersiapkan SDM lokal untuk bisa memiliki keterampilan dan kemampuan, supaya mampu bersaing dengan SDM dari luar daerah Kalimantan Tengah.

“Saya berharap usulan ini, dapat segera ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah (Pemda) di Kalimantan Tengah. Sebab, pembangunan sentra industri berbasis sumber daya alam, memang sudah selayaknya berdiri di wilayah Kalimantan Tengah ini, dan jika itu memungkinkan di tahun 2023 mendatang sudah mulai dilaksanakan,” harapnya.

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini kembali mengatakan keberadaan industri besar akan mendorong pengelolaan SDA di Kalimantan Tengah, supaya lebi maksimal.

“Karena, selama ini SDA atau bahan mentah lebih banyak dibawa ke luar pulau dan diolah di sana. Setelah menjadi barang jadi, maka di bawa kembali lagi ke Kalimantan Tengah,” ucapnya lagi.

Purman juga menilai, adanya industri skala besar akan mendorong dan menciptakan lapangan usaha serta meningkatan ekonomi masyarakat secara merata.

“Termasuk perlu didorong pembangunan infrastruktur pendukung, baik jalur darat dan sungai, di beberapa wilayah. Termasuk di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *