Perlu Terobosan untuk Memenuhi Kebutuhan Pakan Ikan di Kalteng

 Perlu Terobosan untuk Memenuhi Kebutuhan Pakan Ikan di Kalteng

FOTO : Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng membidangi Sumber Daya Alam (SDA) dan Perekonomian, H. Sudarsono.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah mendorong pemerintah daerah untuk membuat sebuah terobosan untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan di Kalimantan Tengah.

Hal ini, sebagaimana disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng membidangi Sumber Daya Alam (SDA) dan Perekonomian, H. Sudarsono, baru-baru ini.

“Pakan ikan sangat penting untuk dapat diproduksi di daerah ini, mengingat sumber daya alam atau bahan baku untuk membuat pakan ikan sangat melimpah di Bumi Tambun Bungai.” ujar Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng.

Lanjut Politisi Partai Golkar ini juga mengatakan saat ini, untuk pakan ikan kita lebih banyak mendatangkan dari luar provinsi, jadi dari segi harga itu mahal.

“Nah, apabila kita bisa produksi sendiri mungkin harganya bisa lebih murah,” ungkapnya.

Lebih dalam, dirinya juga menuturkan terobosan yang bisa dilakukan oleh pemda di Kalimantan Tengah ini, yaitu membangun pabrik pakan ikan berskala besar, sehingga untuk memenuhi pakan ikan tidak lagi bergantung dengan provinsi luar.

Dia mengatakan, sangat disayangkan apabila SDA terutama bahan baku untuk membuat pakan ikan yang melimpah di Kalteng ini tidak dimanfaatkan dengan baik, oleh karenanya pemda perlu memikirkan hal tersebut.

“Industri atau pabrik untuk memproduksi pakan ikan ini perlu dipikirkan kedepan agar bisa dibangun di Kalteng. Jika dari segi anggaran tidak memadai, bisa bekerjasama dengan pemerintah pusat,” tuturnya.

Dirinya berharap, Kalteng ini kedepan bisa terus maju dan mandiri dalam segala hal termasuk memenuhi kebutuhan daerah. Pasalnya daerah ini hampir memiliki semuanya, hanya saja dari segi pengelolaannya masih belum maksimal.

“Banyak potensi yang kita miliki di provinsi ini, itu yang perlu pemda terus gali. Karena sudah saatnya Kalteng ini mandiri dalam segala hal, apalagi kita sebagai salah satu penyangga IKN Nusantara nantinya,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *