Perlu Dukungan Pemda, Pertanian di Barut Potensial

 Perlu Dukungan Pemda, Pertanian di Barut Potensial

FOTO : Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya, Hj. Sri Neni Trianawati, SE 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya, Hj. Sri Neni Trianawati, SE menyampaikan sektor pertanian di wilayah Kabupaten Barito Utara sangat potensial untuk dikembangkan.

“Untuk itu, saya sangat mendukung langkah pemerintah daerah (Pemda) setempat yang kini tengah berupaya mengembangkan sektor pertanian di wilayah tersebut,” ucap Hj. Sri Neni, baru-baru ini.

Lanjut Srikandi Partai Golkar ini juga mengatakan sektor pertanian di Barito Utara juga tergolong menjanjikan hanya saja kurang mendapat perhatian dari segi pengembangannya.

“Banyak masyarakat petani saat ini menggeluti pertanian secara tradisional yang dari segi hasil masih kurang memadai,” ungkapnya.

Menurutnya, kebanyakan masyarakat bertani secara tradisional yakni berladang. Padahal apabila dialihkan menjadi pertanian modern yaitu persawahan, saya rasa bisa dikembangkan disejumlah wilayah Barito Utara.

“Seperti halnya di Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru. Dulu di desa itu pernah ada area persawahan, karena kurangnya dukungan pemda jadi perlahan ditinggalkan oleh masyarakat dan kembali menggeluti pertanian tradisional. Saat ini kondisi lahan persawahaan yang ada sudah tidak terawat lagi,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan saat ia melaksanakan reses disana pada beberapa waktu lalu, berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, lahan persawahaan itu hasilnya sangat menjanjikan.

Namun, dikarenakan kurangnya dukungan, lahan persawahaan tersebut, akhirnya ditinggal begitu saja oleh masyarakat. Artinya, di wilayah Kabupaten Barito Utara terutama Desa Sikui bisa dikembangkan pertanian modern yaitu persawahaan.

Dan, mengenai hal ini juga ada aspirasi masyarakat yang mengharapkan pemda membangun kembali area persawahan di desa tersebut atau mengadakan lahan cetak sawah baru.

“Saya rasa harapan masyarakat ini bagus, karena secara tidak langsung mereka ingin membantu pemerintah memperkuat ketahanan daerah dari sektor pertanian. Nah, tinggal bagaimana pemerintah mendukung hal itu baik mengadakan cetak sawah baru, bibit, pupuk, serta alsintan modern,” tandasnya. (YS)

 

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!