Pendidikan Karakter Penting Diajarkan Sedari Dini

 Pendidikan Karakter Penting Diajarkan Sedari Dini

FOTO : Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, membidangi Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata, Andayani, SE 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Pendidikan karakter, hendaknya dapat terus diberikan kepada peserta didik, mulai dari satuan pendidikan dasar hingga atas. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, membidangi Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata, Andayani, SE , Senin (7/11/2022).

Menurut Srikandi Partai Gerindra Kalteng ini berharap pendidikan karakter tidak hanya diberikan dan diperkuat pada satuan pendidikan tingkat menengah saja, tapi itu hendaknya juga sudah ditanamkan sedari dini, mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) atau TK hingga di perguruan tinggi.

“Pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting untuk terus diajarkan kepada para peserta didik dari usia dini, supaya dapat membentuk pola pikir, mental, akhlak dan karakter mereka. Terlebih, mengingat anak-anak kita ini, kelak akan menjadi penerus dan pemimpin bangsa di masa mendatang,” ucapnya.

Lanjut Andayani menerangkan pendidikan karakter sangat diperlukan dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) bangsa agar saat di usia dewasanya, bisa menjadi seseorang yang berintegritas dan berkarakter kuat.

Selain itu, ketika anak-anak atau peserta didik, telah diajarkan pendidikan karakter, maka diharapkan juga bisa lebih pandai dalam memilih mana yang baik dan mana yang tidak baik, bagi kehidupannya untuk saat ini dan akan datang.

Seperti, menjauhkan diri dari ancaman penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, bahkan ketika mereka sudah waktunya bekerja, dapat menghindari diri dari tindak pidana korupsi.

“Kita selalu orang tua, tentunya juga akan merasa bangga, ketika melihat anak-anak kita bisa menjadi seorang penerus dan pemimpin bangsa yang memiliki karakter yang baik. Karena, pendidikan karakter itu sendiri tidak lepas dari peran orang tua, keluarga, masyarakat dan guru yang juga memiliki andil sebagai orang tua selama anak berada di lingkungan sekolah,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *