Optimalisasi Pelayanan, Pentingnya Peningkatan Kapasitas SDM Perangkat Desa

 Optimalisasi Pelayanan, Pentingnya Peningkatan Kapasitas SDM Perangkat Desa

FOTO : Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Henry M Yoseph.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Henry M Yoseph meminta seraya mendorong pemerintah daerah agar dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) perangkat desa guna meningkatkan pelayanan dan mengoptimalkan pembangunan.

Menurutnya, peningkatan kapasitas SDM merupakan hal penting, karena SDM merupakan aset yang paling berharga. Peran sumber daya manusia akan sangat menentukan keberhasilan atau kegagalan dalam mencapai visi dan misi pembangunan desa.

“Peningkatan SDM perangkat desa ini penting dan juga menjadi aspirasi masyarakat di beberapa desa di Kabupaten Murung Raya. Untuk mendukung peningkatan itu, masyarakat juga mengharapkan adanya peningkatan sarana dan prasarana (sarpras) desa,” ucapnya, Rabu (16/11/2022).

Lanjut Politisi fraksi Nasdem ini mengatakan, dengan peningkatan kapasitas SDM perangkat desa, juga diharapkan turut meningkatkan etos kerja. Sehingga para perangkat desa bisa meningkatkan efesiensi dan efektifitas proses pelaksanaan tugas. Menurutnya, dengan peningkatan etos kerja juga akan meningkatkan tranparansi dalam pemerintahan desa. Terutama dalam pengelolaan anggaran dana desa (ADD) yang selama ini banyak disalahgunakan oleh oknum perangkat desa demi kepentingan pribadi.

“Kemajuan suatu desa itu tergantung pada perangkat desanya. Mulai dari kepala desa dan kesekretariatan desa yang bijak dalam mengelola anggaran yang ada. Dengan kapasitas dan etos kerja yang baik dari perangkat desa diharapkan penggunaan anggaran

bijak, transparan, bertanggung jawab, serta penggunaannya harus tepat sasaran, sehingga tercipta desa yang sejahtera,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *