Memastikan Berjalan dengan Baik, Gubernur Kalteng Tinjau Lokasi Foot Estate

 Memastikan Berjalan dengan Baik, Gubernur Kalteng Tinjau Lokasi Foot Estate

FOTO : Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran bersama rombongan saat meninjau lokasi food estate.

Kaltengnews.co.id – PULANG PISAU – Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran beserta Ketua TP PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran meninjau perkembangan Food Estate di Desa Belanti Siam dan Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (17/11/2022).

Kunjungan kerja kali ini Gubernur ingin memastikan bahwa program strategis nasional tersebut berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Perhatian Gubernur terhadap Food Estate ini sangatlah beralasan, karena ketahanan pangan sangatlah penting, apalagi belajar dari hantaman inflasi saat ini.

“Kita belajar banyak dari inflasi yang saat ini terjadi, dan memiliki dampak yang luar biasa bagi sosial ekonomi masyarakat. Hal tersebut kita harapkan ke depan jangan sampai terulang, maka Program Food Estate harus kita perjuangkan dengan kerja keras untuk ketahanan pangan Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Menurutnya, jika Food Estate ini berhasil sesuai harapan, bukan hanya menjadi ketahanan pangan Kalimantan Tengah, tetapi menjadi lumbung pangan nasional.

“Food Estate yang terintegrasi dengan pertanian secara makro, baik pangan, maupun peternakan hingga perikanan, hanya ada di Kalimantan Tengah, dan hari ini kembali saya melihat langsung perkembangannya, saya optimis berhasil, dan akan memiliki dampak signifikan meningkatkan kesejahteraan para petani, serta kesejahteraan bagi masyarakat Kalimantan Tengah pada umumnya,” tuturnya.

Lebih lanjut Sugianto berucap, Program Food Estate bukan semata-mata hadiah atau kepercayaan dari Pemerintah pusat, tapi buah perjuangan yang diusulkan sejak tahun 2017 lalu kepada Presiden Joko Widodo.

“Saat mengusulkan program ini, yang ada dalam benak saya adalah Kalimantan Tengah harus mandiri pangan, mustahil kita memiliki tanah yang subur, wilayah yang luas, tidak mampu menciptakan kemandirian pangan,” terangnya.

Menurutnya, sebagai provinsi terluas di Indonesia dan beririsan langsung nantinya dengan Ibu Kota Negara Nusantara, Kalimantan Tengah memiliki nilai strategis sebagai provinsi penyangga IKN.

“Mari satukan niat, langkah dan pengabdian kita untuk bersama-sama membangun Kalimantan Tengah, kesampingkan kepentingan dan perbedaan, karena perbedaan itu sesungguhnya adalah berkah dan kekuatan untuk kita meraih cita-cita besar kemakmuran Kalimantan Tengah,” tutupnya.

Kunjungan kerja akan dilanjutkan ke lokasi Program Food Estate di Kabupaten Kapuas. Demi memastikan program ini berjalan lancar, Gubernur dan rombongan akan menginap dan bermalam di lokasi Food Estate, memanfaatkan waktu yang ada untuk berdiskusi di lapangan membahas hal-hal strategis hasil tinjau lapangan. (mmc/*)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *