Komitmen Pemkot Perkuat Ekonomi Kerajinan 

 Komitmen Pemkot Perkuat Ekonomi Kerajinan 

FOTO : Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin 

 

Kaltengnews.co.id – Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin menyampaikan industri kerajinan sangat berperan dalam meningkatkan dan memperkuat perekonomi daerah. Bahkan dari beberapa perajin sudah merasakan secara nyata keuntungannya.

“Saat ini, pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya terus berupaya memperkuat ekonomi kerajinan di kota setempat, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan berbagai pelatihan dan bimbingan kepada para pengrajin.” ucap Walikota Palangka Raya, Sabtu (25/11/2022).

Lanjut Fairid mengatakan selaku pemerintah akan terus meningkatkan kapasitas para pelaku usaha. Sehingga usaha yang dikembangkan dapat turut menyerap lapangan kerja.

Menurutnya, salah satu kerajinan yang menjadi pengembangan Pemerintah Kota Palangka Raya adalah industri kerajinan rotan. Meskipun industri ini masih belum sangat dikenal oleh masyarakat luar kota, namun produk yang dihasilkan sudah diterima oleh masyarakat luas.

“Produk rotan ini sekarang tidak hanya di gunakan oleh masyarakat Kota Palangka Raya atau Provinsi Kalimantan Tengah saja. Tapi peminatnya juga ada di luar Kalimantan Tengah. Bahkan ada yang sampai di ekspor ke luar Indonesia,”jelasnya.

Selebihnya Fairid mengatakan, industri kerajinan rotan memiliki potensi ekonomi yang besar jika dikelola dengan baik, namun saat ini yang menjadi kendala adalah menemukan orang yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk menjadi perajin rotan.

“Kalau untuk pasokan bahan bakunya, maka di Kalteng ini tidak perlu dikhawatirkan, sumber daya rotan masih sangat banyak. Sekarang bagaimana kita memanfaatkan peluang itu agar menjadi usaha yang sukses,” tandas Fairid. (VD/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!