Kesejahteraan Guru di Daerah Pelosok Kalteng Wajib Lebih Diperhatikan 

 Kesejahteraan Guru di Daerah Pelosok Kalteng Wajib Lebih Diperhatikan 

FOTO : Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, bidang Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata, H. Achmad Amur.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, bidang Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata, H. Achmad Amur meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) di seluruh wilayah Kalimantan Tengah ini, supaya dapat mendorong semangat para guru yang bertugas di daerah pelosok Bumi Tambun Bungai.

“Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendorong semangat para guru di pelosok seperti memberikan kesejahteraan, tunjangan lebih dan memperhatikan setiap kebutuhan salah satunya keberadaan rumah dinas yang layak,” ucapnya, Senin (28/11/2022).

Lanjut Politisi PPP Kalteng ini juga mengatakan semangat guru yang bertugas di pelosok itu penting, karena berhubungan langsung dengan kinerja. Jika merasa diperhatikan maka mereka akan bersemangat. Hal ini, tentunya juga berdampak terhadap upaya peningkatan SDM di daerah terpencil.

“Tugas dan kinerja guru yang berada di wilayah pelosok, tentunya jauh lebih berat jika dibandingkan dengan guru yang bertugas di wilayah perkotaan. Sebab itu, sangat wajar apabila para guru tersebut mendapat perhatian lebih dari pemerintah,” harapnya.

Lebih dalam, Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau ini juga menuturkan mengingat di daerah pelosok itu, sarana dan prasarananya sangat terbatas, belum lagi jarak tempuh dan medan untuk menuju tempat bertugas juga sulit dijangkau. Jadi sangat wajar jika mereka diperhatikan dan diberikan dorongan semangat.

“Mensejahterakan guru merupakan kewajiban pemerintah, karena guru merupakan ujung tombak untuk meningkatkan kapasitas SDM agar mampu bersaing, sehingga tidak ada alasan bagi pemerintah untuk mengabaikan kebaradaan guru terutama di pelosok,” imbuhnya.

Dirinya juga menambahkan tanpa adanya guru tidak ada yang namanya presiden, gubernur, bupati, wali kota dan orang-orang yang memiliki pendidikan lainnya. Inilah kenapa guru penting untuk diperhatikan dan menjadi prioritas perhatian pemerintah.

“Saya sangat berharap kesejehteraan guru, khususnya yang ada di Kalteng ini bisa merata, tidak hanya di wilayah perkotaan saja, tapi juga hingga wilayah pelosok atau pedesaan, agar para guru yang ada itu bisa terus bersemangat dalam menurunkan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *