Duwel : Mewujudkan Pembangunan Maksimal melalui Peningkatan PAD

 Duwel : Mewujudkan Pembangunan Maksimal melalui Peningkatan PAD

FOTO : Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Duwel Rawing.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Duwel Rawing menyampaikan pendapatan asli daerah atau PAD, menjadi hal penting dalam mendorong keberhasilan pembangunan di daerah, terutama dalam upaya peningkatan ekonomi daerah.

“Untuk itu, saya mendorong pemerintah daerah, supaya dapat lebih memaksimalkan setiap potensi yang dinilai mampu mendongkrak pendapatan asli daerah,” ucapnya, Jumat (18/11/2022).

Lanjut Politisi Senior PDI Perjuangan ini juga mengatakan salah satu upaya peningkatan PAD adalah dengan mengoptimalisasi anggaran dana desa (ADD). Dimana ADD tersebut dapat dialokasikan untuk pengembangan potensi pariwisata yang ada di daerah, khususnya di desa-desa.

“Setiap daerah tentunya memiliki potensi pariwisata masing-masing, tanpa terkecuali di pelosok Bumi Tambun Bungai ini. Sehingga, alangkah baiknya potensi tersebut dapat dilirik oleh masyarakat desa dan mengembangkannya melalui ADD,” ungkapnya.

Mantan Bupati Katingan ini juga mengutarakan potensi pariwisata di kawasan pelosok Kalimantan Tengah, masih banyak yang belum tergali.

Hal ini juga sering disampaikan masyarakat melalui aspirasi saat pelaksanaan reses ke daerah. Menurutnya, dengan pengelolaan ADD untuk pengembangan pariwisata daerah akan memberikan keuntungan tersendiri bagi desa.

Dan, untuk memaksimalkan keuntungan tersebut, tentunya diperlukan bantuan dari pemerintah, terutama dalam kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah melalui instansi terkait.

“Kita bisa memaksimalkan ADD itu melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang-Des). karena memang ADD ini dialokasikan langsung dari pusat. Jadi kalau nanti sudah ada persetujuan, maka tinggal bagaimana pemerintah dan masyarakat bisa jeli melihat potensi yang ada di daerah, khusunya di desa-desa,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *