Asah Kemampuan Prajurit, Kodim 1015/Sampit Gelar Latihan Menembak 

 Asah Kemampuan Prajurit, Kodim 1015/Sampit Gelar Latihan Menembak 

FOTO : Latihan Menembak bagi Prajurit TNI AD dari Kodim 1015/Sampit. Foto IST. 

Kaltengnws.co.id – SAMPIT – Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kemampuan prajurit, Kodim 1015/Sampit menggelar Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbak Jatri) Triwulan IV TA 2022 selama empat hari, dimulai dari tanggal 22 hingga 25 November di lapangan tembak TNI – AD Jalan Jenderal Sudirman Km 18, Kecamatan MB Ketapang, Kotawaringin Timur.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 1015/Spt Letkol Inf Abdul Hamid, Kasdim Kodim 1015/Spt Mayor Arh Sutomo, Pasi Ops Kodim 1015/Spt Kapten Inf Supriyanto, para Danramil serta anggota Kodim 1015/Spt yang melaksanakan LATBAKJATRI IV.

Sebagai tahap persiapan personel, para anggota melakukan apel pagi untuk pengecekan serta pembagian gelombang untuk menembak.

Dandim 1015/Spt Letkol Inf Abdul Hamid mengatakan, latihan menembak senjata ringan ini dilaksanakan dengan menggunakan senapan laras panjang jenis M16 A-1, dengan menggunakan sikap tiarap dan dengan jarak 100 meter, 3 butir munisi menembak pengelompokan dan 10 butir munisi tembak penilaian.

“Dalam latihan menembak faktor keamanan harus diutamakan dan diperhatikan, mengingat pelaksanaannya menggunakan munisi tajam, apabila melakukan kesalahan sedikit saja akan berakibat fatal baik bagi diri sendiri maupun orang lain,” kata Abdul Hamid, Kamis (24/11/2022).

Menurutnya, menembak merupakan suatu bentuk kemampuan dasar yang harus dan mutlak dimiliki oleh seorang prajurit TNI AD, sehingga harus selalu dipelihara dan ditingkatkan terus menerus secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

“Hal ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan serta ketrampilan menembak perorangan,” ucapnya.

Penilaian dan penambalan lisan dilakukan oleh Tim penilai dan pengawas lajur pada Latbak Jatri Triwulan IV TA 2022.

“Setelah selesai latihan menembak, pembersihan dan pemeliharaan senjata harus selalu dilakukan oleh personel, agar komponen senjata tidak aus dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang,” pungkasnya. (Tbk/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *