Sosialisasi Stunting dan Penyuluhan pada Program TMMD ke – 115 Kodim 1015/Sampit

 Sosialisasi Stunting dan Penyuluhan pada Program TMMD ke – 115 Kodim 1015/Sampit

FOTO : Sosialisasi Stunting yang dilaksanakan anggota Satgas TMMD ke – 115 Kodim 1015/Sampit.

Kaltengnews.co.id – SAMPIT – Salah satu kegiatan non fisik dalam program TMMD ke 115 Tahun 2022 Kodim 1015/Sampit, adalah bekerjasama dengan Puskesmas Baamang Dua menggelar Sosialisasi serta Penyuluhan Stunting di Kelurahan Tanah Mas, Kecamatan Baamang, Kotawaringin Timur.

Kegiatan tersebut dihadiri anggota Kodim 1015/Sampit Batih Bakti Staf Teritorial Serka Ilham, Babinsa Koramil 1015-09/Baamang, Tenaga Medis dari Puskesmas Baamang Dua, PLKB unit Baamang, Ibu PKK serta Kader Pokja KB Tanah Mas dan masyarakat setempat.

“Sudah menjadi tugas kita selaku aparatur kewilayahan untuk selalu aktif serta mendukung dalam segala bentuk kegiatan yang telah dicanangkan, termasuk kegiatan penyuluhan dan sosialisasi stunting ini”, kata Serka Ilham, Sabtu (15/10/2022).

Menurutnya, sosialisasi ini penting untuk diberikan kepada masyarakat, karena sebagian besar mungkin belum memahami istilah yang disebut stunting.

“Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak, yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya”, jelasnya.

Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya.

Padahal seperti diketahui, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan.

“Stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah. Hal- hal yang berpengaruh terhadap terjadinya stunting antara lain pola makan, praktek pengasuhan dan kurangnya akses air bersih dan sanitasi serta faktor lingkungan”, terang Serka Ilham. (Tommy Barito/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *