Sistem Irigasi Pertanian di Kapuas dan Pulpis Perlu Ditingkatkan

 Sistem Irigasi Pertanian di Kapuas dan Pulpis Perlu Ditingkatkan

FOTO : Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Maruadi. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Maruadi, meminta agar pemerintah daerah dapat terus mendukung pengembangan serta penanganan setiap hambatan pada sektor pertanian masyarakat agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

Dukungan itu terutama di wilayah daerah pemiihan (dapil) V yang meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau. Maruadi menyebut, dukungan terhadap sektor pertanian ini tidak serta merta hanya terkait bantuan terhadap bibit maupun pupuk saja, tapi juga pembangunan atau peningkatan irigasi. Sebab, ini juga sangat penting guna menghindari gagal panen.

“Apabila lahan pertanian masyarakat memiliki saluran irigasi yang baik, maka potensi gagal panen dapat dihindari. Misalnya, ketika musim penghujan jika saluran irigasi tidak optimal dalam mengaliri air keluar, maka pertanian masyarakat akan kebanjiran,” katanya, Senin (31/10/2022).

Politisi fraksi Golkar ini mengatakan, saluran irigasi menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam usaha pertanian. Untuk itu, sangat diharapkan agar usulan masyarakat terkait pembangunan atau peningkatan saluran irigasi lahan pertanian ini agar bisa direalisasi pemerintah daerah.

Di sisi lain, dengan kehadiran food estate sektor pertanian menjadi usaha yang banyak ditekuni secara serius oleh masyarakat di Kapuas dan Pulang Pisau. Apalagi saat ini Indonesia, khususnya Kalteng, sedang berusaha untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional.

“Tanpa dukungan pemerintah daerah, maka usaha pertanian masyarakat tidak dapat berkembang dengan cepat. Sudah seharusnya pemerintah daerah mendukung itu agar daerah bisa menjadi lumbung pangan dan juga ketahanan pangan kita bisa kuat,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *