Pemkab Telusuri Balita Gagal Ginjal Asal Kotim Yang Meninggal di Surabaya 

 Pemkab Telusuri Balita Gagal Ginjal Asal Kotim Yang Meninggal di Surabaya 

FOTO : Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotim Umar Kaderi. 

Kaltengnews.co.id – SAMPIT – Kabar tentang meninggalnya seorang anak berumur 2 tahun warga Desa Mekar Sari Kecamatan Parenggean Kotim, yang disebabkan karena gagal ginjal akut saat dirawat di Rumah Sakit Dr Soetomo Surabaya, ditelusuri oleh pihak Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotim Umar Kaderi membenarkan telah menerima informasi tersebut.

“Informasi yang kami dapati masih ditelusuri apakah memang benar gagal ginjal akut, Tim Surveilan Dinkes masih mencari data-data anak yang bersangkutan,” kata Umar, Rabu (26/10/2022) di Sampit.

Menurutnya, Tim dari Dinkes Kotim sudah menelusuri ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit, apakah ada pasien yang diinformasikan tersebut melakukan rujukan ke Surabaya.

“Hal itu yang masih kami telusuri,” ucapnya.

Dari informasi yang dihimpun, Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa ada warga Kalimantan Tengah (Kalteng) yang menderita penyakit gagal ginjal akut misterius dan meninggal dunia di RS Dr Soetomo Surabaya.

Menyikapi hal ini, Bupati Kotim Halikinnor mengatakan, saat ini tim masih melakukan tracking ke lapangan untuk mencari tahu apakah benar ada balita di Kotim yang menderita penyakit tersebut.

“Saat ini masih terus dilakukan tracking di Kotim, kita berharap tidak ada kasus terkait penyakit tersebut,” ucap Halikinnor.

Ia meminta seluruh puskesmas dan rumah sakit untuk memonitor kasus ini dan apabila ditemukan segera ditangani semaksimal mungkin sesuai prosedur kesehatan. (Tbk/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *