Maksimalkan Lahan Kosong untuk Berkebun

 Maksimalkan Lahan Kosong untuk Berkebun

KALTENGNEWS.CO.ID, KUALA KURUN- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mengajak warga masyarakat menggunakan pekarangan rumah atau tanah kosong untuk berkebun. Sehingga, dapat mengurangi biaya atau ongkos di dapur itu sendiri.

Anggota DPRD Gumas Riantoe menuturkan, warga kalau bisa untuk berkebun bisa memanfaatkan atau menggunakan lahan di pekarangan rumah. Artinya, dapat mengurangi atau sangat mengefisiensi ongkos belanja dapur.

“Dengan adanya program dari pemerintah yang mengajak dalam gerakan menanam lombok,  kami sangat setuju sekali. Karena itu kami juga mengimbau agar warga kita untuk bisa memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan rumah untuk berkebun misalnya menanam sayur-sayuran,” ujar Riantoe, Senin (3/10/2022).

Dalam menanam sayur-sayuran itu, jelasnya, baik dilakukan dalam bentuk kelompok atau perorangan, yang cepat menghasilkan itu sangat banyak misalnya, cabe, kacang panjang, bayam dan lain sebagainya.

Hal itu, tutur politisi Nasdem ini, kira-kira tanaman yang cepat dan itu bisa membantu dari segi kebutuhan di dapur. Kemudian, itu dapat membantu perekonomian masyarakat. sehingga, bisa lebih sejahtera dalam mengelola perkebunan.

“Kalau ada milik sendiri, artinya kita tidak lagi menunggu dan berharap kepada orang luar dengan istilah paman-paman sayur, jadi warga harus bisa menggunakan pekarangan rumah,” ajaknya.

Apalagi, sambung dia, ada ajakan dari pihak pemerintah dalam melaksanakan gerakan menanam cabe atau lombok. Lalu, ada yang belum paham dengan tata cara tanam, jangan ragu karena sekarang ini banyak PPL yang bisa mengajari.

“Sekarang ini banyak PPL kalau kurang paham dengan media tanam, bisa tanyakan ke mereka langsung bagaimana cara tanam yang akan dibudidayakan, dan saya apresiasi adanya program pemerintah ini,” tukas dia. (Hendrik P)

Roni Sahala

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *