Legislator Kalteng Imbau Masyarakat Mewaspadai Bencana Banjir dan Tanah Longsor 

 Legislator Kalteng Imbau Masyarakat Mewaspadai Bencana Banjir dan Tanah Longsor 

FOTO : Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng, dr. Niksen S Bahat. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng, dr. Niksen S Bahat mengingatkan kepada masyarakat agar mewaspadai bencana alam banjir dan tanah longsor yang mungkin saja bisa terjadi sewaktu-waktu, di tengah musim hujan sekarang ini.

“Kami mengingatkan semua masyarakat agar terus mewaspadai adanya bencana banjir dan longsor di musim hujan seperti saat ini,” ucapnya, baru-baru ini.

Lanjut Legislator dari Partai NasDem ini juga mengatakan intensitas hujan saat ini cukup tinggi di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk pula di wilayah Kalimantan Tengah. Sehingga, diharapkan kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaannya.

“Kami meminta kepada masyarakat, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir dan longsor terutama bagi yang bermukim di wilayah bantaran sungai, terlebih di daerah rawan bencana,” ungkapnya.

Lebih dalam, dirinya juga menuturkan sebagai daerah yang berbukit, ancaman longsor di musim hujan sering terjadi, dan ini harus mendapat perhatian dari masyarakat secara umum.

Demikian juga daerah kawasan rendah, juga berpotensi mengalami banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi.

“Masyarakat harus mewaspadai bahaya longsor bagi yang bermukim di daratan tinggi. Dan bahaya banjir bagi warga yang bermukim di daerah rendah,”ucapnya.

Bagi yang bermukim di daerah aliran sungai juga diminta untuk selalu mewaspadai ancaman banjir yang bisa mengenangi rumah-rumah dan ternak warga.

Legislator Fraksi Nasdem DPRD Kalteng ini juga meminta masyarakat agar segera melapor kepada aparat setempat apabila terjadi bencana atau kecelakaan.

“Informasikan secepatnya kepada aparat setempat bila terjadi bencana atau kecelakaan agar segera dilakukan penanganan oleh petugas,” ujarnya lagi.

Wakil rakyat asal pemilihan Kalteng V Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau ini juga mengharapkan agar dinas dan badan terkait penanggulangan bencana bisa terus menonitor kondisi di masyarakat dan segera melakukan upaya bantuan bagi masyarakat atau tempat yang membutuhkan.

“Daerah-daerah yang rawan bencana perlu mendapat perhatian. Dan ketika adanya laporan terjadinya bencana agar segera di respon dengan cepat,”harapnya.

Seperti diketahui, bahwa bencana banjir dan tanah longsor akibat curah hujan cukup tinggi saat ini terjadi di beberapa daerah di Kalimantan Tengah. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *