Konsumsi Makanan Bergizi Mencegah “Anemia”

 Konsumsi Makanan Bergizi Mencegah “Anemia”

FOTO : Ketua TP-PKK Kota Palangka Raya, Avina Fairid Naparin saat menyerahkan asupan gizi seimbang pada kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi. Foto Prokom 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – lndonesia pada umumnya, masih dihadapkan pada masalah gizi. Salah satunya “Anemia” yang masih menjadi tantangan besar. Guna mencegah anemia, maka diperlukan makan makanan bergizi seimbang.

Demikian hal tersebut disampaikan Ketua TP-PKK Kota Palangka Raya, Avina Fairid Naparin usai menghadiri kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi yang dilaksanakan pada tiga tempat, yakni SMAN-5 Palangka Raya, MAN Kota Palangka Raya, dan SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya, Rabu (26/10/2022).

Dalam kesempatan itu Avina menyampaikan, timbulnya masalah gizi pada anak usia di bawah dua tahun, erat kaitannya dengan persiapan kesehatan dan gizi seorang perempuan untuk menjadi calon ibu, termasuk remaja putri.

Karena itu ucap istri Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin ini, diperlukan makan makanan bergizi seimbang. Seperti protein dan asupan kaya zat besi.

“Nah, gerakan nasional aksi bergizi ini adalah merupakan agenda nasional yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan, dan digelar secara serentak di seluruh Indonesia,”ungkapnya.

Kegiatan ini lanjut Avina, juga bertujuan untuk menekan kasus stunting melalui pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) kepada remaja putri.

“Remaja putri rentan terkena anemia yang merupakan salah satu faktor penyebab stunting. Melalui gerakan nasional aksi bergizi ini, diharapkan dapat meningkatkan literasi warga sekolah tentang pentingnya konsumsi gizi seimbang bagi anak dan remaja,”ujarnya.

“Minum TTD secara teratur setiap minggu. Jangan lupa makan buah dan sayur kaya vitamin C, E, dan A, serta lakukan aktifitas fisik,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Kepala UPT Puskesmas Marina Permai, Lurah Langkai, kepala sekolah beserta siswa-siswi, dan tamu undangan lainnya. (VD/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *