Inovasi Kebijakan untuk Mendorong Pemulihan Pasca Pandemi

 Inovasi Kebijakan untuk Mendorong Pemulihan Pasca Pandemi

KALTENGNEWS.CO.ID, PALANGKA RAYA– Kepala Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Lilis Suriani membuka Rapat koordinasi penelitian dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tahun 2022, di Aula Serbaguna Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Kamis (6/10/2022).

Rakor dengan mengusung tema “Optimalisasi Riset dan Inovasi Menuju Kalimantan Tengah Makin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis”.

Lilis mengatakan, dalam upaya pemulihan kondisi perekonomian akibat pandemi Covid-19, maka harus berupaya keras mendorong birokrasi untuk terus melakukan inovasi kebijakan dan pelayanannya, baik dalam kondisi normal maupun emergensi.

“Unit dipacu untuk mengkreasikan inovasi yang terus berkembang dan siap melakukan inovasi hasil litbang dalam mendorong percepatan pemulihan kehidupan ekonomi dan peningkatan nilai daya saing daerah,” ucap Lilis.

Dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberi kewenangan bagi pemerintah daerah membentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA).

“BRIDA bisa diintegrasikan dengan perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan Pemerintah bidang perencanaan dan pembangunan atau perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan di bidang penelitian dan pengembangan daerah,” tuturnya.

Lilis mengimbau daerah di Kalteng untuk memperhatikan kelembagaan penelitian dan pengembangan yang sesuai dengan beban fungsi penunjang masing-masing dan dikelola secara profesional.

“Melalui berbagai inovasi daerah yang mampu mempercepat pemulihan berbagai bidang kehidupan di Provinsi Kalimantan Tengah,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappedalitbang Kalteng Endi Anden menyampaikan, tujuan diadakan rapat ini adalah untuk menyamakan pemahaman dan saling berkoordinasi dengan harapan adanya masukan dan saran tentang pemanfaatan litbang untuk kemajuan bangsa.

“Kami berharap kedepannya kita menyepakati apa yang menjadi harapan kita semua bagaimana bentuk litbang atau bidang yang ada di kabupaten dan provinsi ini bersinergi satu dan yang lainnya,” pungkasnya. (Hendrik P)

Roni Sahala

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!