Gubernur Dorong Pemuda untuk Terus Semangat dan Kerja Keras 

 Gubernur Dorong Pemuda untuk Terus Semangat dan Kerja Keras 

FOTO : Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugainto Sabran bersama Ivo Sugianto Sabran.

Kaltengnews.co.id – PULANG PISAU – Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran  mengunjungi lokasi pertanian di Desa Garung Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (13/10/2022).

Lahan pertanian tersebut milik Prianto  dan istrinya Titin tersebut memilki luas lahan 2 hektar,  dengan kerja keras dan semangatnya, mereka berhasil meraup keuntungan 300 juta per tahunnya dan berhasil menyekolahkan anak mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Saat melakukan kunjungan, Gubernur memberikan motivasi kepada masyarakat Kalteng khususnya kaum milenial agar semangat menjadi petani.

“Tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau bekerja keras dan mau merubah hidup kita, sisanya kita serahkan ke Allah SWT. Kalau tidak bekerja keras, kita tidak akan jadi apa-apa,” ucapnya.

Menurut Sugianto, keberhasilan Prianto dalam mengelola lahan pertanian, mampu meraup penghasilan yang cukup menjanjikan.

“Kesempatan terbuka lebar, lahan kita cukup subur, kita lihat hasilnya seperti terong, mentimun, cabai dan sayur mayur lainnya begitu tumbuh subur. Permasalahannya adalah terletak pada kemauan, terlebih kaum milenial. Saatnya merubah pola pikir yang selalu bercita-cita jadi pegawai negeri, untuk melihat potensi luar biasa di sekeliling kita, yaitu pertanian. Pemuda harus hantak siku yang artinya harus memiliki semangat kerja keras” tuturnya.

Gubernur berharap ke depannya Kalteng tidak menjadi konsumen lagi dan bisa menjadi produsen bahan pangan yang bisa dijual ke provinsi lain.

“Harapannya hasil bumi Kalteng di tanah yang subur ini benar-benar bisa dimanfaatkan menjadi kekuatan ekonomi Kalteng ke depannya,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu Ketua TP PKK Prov. Kalteng, Ivo Sugianto Sabran menjelaskan bahwa saat ini sudah banyak platform digital yang bisa dioptimalkan untuk pemasaran secara online, salah satunya yang diinisiasi oleh Gubernur Kalteng yakni tokokaltengberkah yang merupakan platform e-commerce untuk menjual produk-produk yang berasal dari Kalteng.

“Selain itu ada juga aplikasi Tabe, yang merupakan aplikasi pangan berkah untuk mencari lokasi petani dan juga UMKM yang ada di Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Sementara, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga PAUD Prov. Kalteng, Hj. Nunu Adriani Edy Pratowo berpesan kepada generasi muda kaum milenial yang ada di Kalteng untuk tidak hanya menunggu dibukanya lapangan pekerjaan tetapi juga membuka lapangan perkerjaan baru.

“Karena kita punya lahan tidur yang banyak sekali di Kalimantan Tengah ini,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Prov. Kalteng,Hj. Sunarti mengatakan bahwa kaum milenial jangan ragu dan malu untuk menjadi petani.

“Segala keperluan untuk bertani, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah siap support. Selain untuk mendapatkan penghasilan, bertani juga sebagai support kita sebagai masyarakat Kalimantan Tengah bahwa nantinya Kalimantan Tengah akan punya ketahanan pangan sendiri,” terangnya.

Di akhir kunjungannya, Gubernur menyerahkan bantuan pinjaman kepada Prianto dan Titin senilai 200 juta rupiah.

“Ini pinjaman dari Gubernur, Istri Gubernur, Wakil Gubernur dan juga Istri Wakil Gubernur. Mudah-mudahan uang ini bisa berkembang menjadi miliaran rupiah nantinya, dan silahkan dikembalikan dengan nominal yang sama karena tidak ada bunganya,” pungkasnya. (Don/YS/mmc)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *