Banjir Rendam Desa Tumbang Sepayang Kotim

 Banjir Rendam Desa Tumbang Sepayang Kotim

KALTENGNEWS.CO.ID, SAMPIT – Akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir, Desa Tumbang Sepayang Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur dan wilayah sekitarnya kembali terendam banjir.

“Ketinggian air bahkan melebihi banjir sebelumnya”, kata Kepala Desa Tumbang Sepayang Alfons J Pandung, Selasa (4/10/2022).

Menurut Alfons, ketinggian air di desanya saat ini rata-rata 3 meter lebih, bahkan ada rumah warga yang hampir tenggelam karena berada di dataran rendah dekat bantaran sungai.

“Banjir ini terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi sehingga sungai tidak mampu lagi menampung debit air dan meluap,” jelasnya.

Akibat banjir ini aktivitas warga setempat lumpuh, bantuan sembako baru datang dari perusahaan kelapa sawit PT Unggul Lestari namun warga masih memerlukan bantuan lagi.

“Air bersih juga kekurangan karena sumur bor semuanya tenggelam, terpaksa sebagian warga menggunakan air sungai untuk dikonsumsi,” jelas Alfons.

Ia menyebutkan, hingga saat ini unsur Forkopimcam Kecamatan Antang Kalang belum ada melakukan kunjungan ke wilayah desanya.

“Sebagian warga yang terdampak banjir yang sangat parah sudah ada yang mengungsi ke tempat keluarganya masing-masing yang rumahnya berada di dataran tinggi, karena tenda pengungsian dan dapur umum belum ada,”ungkapnya.

“Kami berharap kepada instansi terkait agar dapat membantu warga kami dan membagi personilnya guna menyalurkan bantuan dan mengevakuasi warga yang terdampak banjir,” tandas Alfons. (Tommy Barito)

Roni Sahala

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *