Semua SMP di Gumas Laksanakan ANBK

 Semua SMP di Gumas Laksanakan ANBK

Kasi Kurikulum SD, SMP Disdikpora Kabupaten Gumas Cendrawan bersama rekannya sedang melaksanakan pengawasan dalam pelaksanaan ANBK di daerah setempat, Kamis (22/9/2022) lalu. Foto: Trisandi

KALTENGNEWS.CO.ID, KUALA KURUN – Sebagai bagian proses pemetaan mutu sistem pendidikan dengan mengadakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) seperti di Kabupaten Gunung Mas (Gumas). Sehingga itu, perlu dilakukan secara menyeluruh oleh satuan pendidikan (Satpen) khususnya di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah setempat.

Plt Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Gumas Aprianto melalui Kasi Kurikulum SD, SMP Cendrawan menjelaskan, secara detail dalam kegiatan ANBK itu diikuti semua sekolah yakni SMP yang ada di wilayah kabupaten Gumas.

“Kegiatan ANBK yang diikuti sebanyak 58 SMP yang ada di Gumas, pelaksanaanya dimulai tanggal 19-22 September 2022 ini, kita juga melaksanakan itu harus sesuai SOP dari ANBK, itu memang kewenangan kami dari dinas,” ucap Cendrawan, Jumat (23/9/2022).

Lalu, jelasnya, pihaknya dalam melakukan tanggungjawab yakni pengawasan dan pemantauan ANBK di lapangan yakni SMP di 12 Kecamatan yang ada di wilayah setempat. Maka, lanjut dia, dalam hasilnya sangat baik dan itu tidak mengalami kendala yang sangat berarti.

“Hasil pantauan kita dilapangan, untuk semua sekolah yang melaksanakan ANBK tidak mengalami kendala yang berarti artinya cukup sukses, walaupun di Kecamatan ada 1 SMP di sesi ke II ANBK mengalami kendala karena ada pemadaman listrik itu saja dan sudah diatasi,” terang dia.

Sekolah tersebut juga sudah dilakukan penjadwalan ulang sehingga tidak ada masalah yang berarti. Maka dari itu pihaknya berharap bagi satuan pendidikan dapat mengevaluasi kembali terkait hal apa saja yang perlu ada peningkatan dalam pelaksanaan ANBK khusus di tahun berikutnya.

“Untuk satu sekolah tadi akan dilaksanakan kembali di tanggal 28-29 September ini juga, sedangkan untuk SD pelaksanaan ANBK itu akan dilakukan pada bulan Oktober 2022, maka kedepan juga kami berharap agar Dinas, pengawas, korwil dan satpen agar bisa selalu bersinergi dengan baik,” harap dia. (Trisandi)

Roni Sahala

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *