Semangat OTDA, Berharap Kewenangan Daerah Bisa Semakin Diperluas

 Semangat OTDA, Berharap Kewenangan Daerah Bisa Semakin Diperluas

FOTO : Ketua Komisi II DPRD Kalteng bidang Sumber Daya Alam (SDA) dan Perekonomian, H. Achmad Rasyid.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berharap seraya meminta kepada pemerintah pusat agar dapat memberikan ruang atau porsi kewenangan daerah, lebih besar di beberapa hal dan sektor. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Kalteng bidang Sumber Daya Alam (SDA) dan Perekonomian, H. Achmad Rasyid saat dibincangi sejumlah awak media.

“Saat ini, semangat otonomi daerah (OTDA) dalam pembangunan Indonesia di rasa masih kurang luas, sehingga membuat pembangunan daerah berjalan lambat, sebab ada beberapa keterbatasan untuk memperoleh pendapatan daerah,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Sabtu (03/09/2022).

Dikatakannya, pemerintah daerah terdiri atas eksekutif dan legislatif merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat yang ada di daerah, maka dari itu pihaknya meminta agar kewenangannya diperbanyak atau diperluas. Sehingga demikian, pembangunan di daerah bisa berjalan lebih cepat.

Politisi Partai Gerindra Kalteng ini juga menyebut seperti salah satu contoh yaitu terkait perizinan tambang emas rakyat yang saat ini hanya bisa di proses di pemerintah pusat. Hal ini tentu membatasi pendapatan daerah karena pajak yang dibayarkan langsung ke pusat.

Selain itu juga, masyarakat akan kesulitan serta membutuhkan biaya yang sangat besar hanya untuk mengurus perizinan saja. Sehingga, mengakibatkan banyaknya tambang emas ilegal yang beroperasi karena sulitnya mengurus perizinan.

Oleh karena itu, dirinya mengharapkan supaya pemerintah pusat dapat mengembalikan semangat pembangunan itu sesuai dengan otonomi daerah. Sehingga, seluruh daerah di Indonesia ini termasuk Kalteng dapat maju dan berkembang dengan cepat.

“Kalau dulu bisa kita ibaratkan hanya buntutnya yang dipegang, tapi untuk saat ini semuanya sudah di kuasai oleh pemerintah pusat dan ini kami rasa sangat menghalangi perkembangan kita di daerah ini, jadi harus ada solusi,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *