Putri Malu si Pembunuh Cacing Jahat

 Putri Malu si Pembunuh Cacing Jahat

Tumbuhan Putri Malu (Mimosa pudica). Sshutterstock.com

KALTENGNEWS.CO.ID, PALANGKA RAYA– Pada suatu pagi, kala embun masih menyelimuti Kota Palangka Raya, di awal September, Zaki berjalan kaki di sekitar rumahnya. Embun yang menggantung di ujung daun berjatuhan saat ia memetik tumbuhan yang dikenal dengan “Putri Malu”.

Bermodalkan tanaman yang tumbuh liar di area perkarangan itu, tiga kali dalam seminggu, Zaki selalu mengkonsumsi ramuan herbal yang ia racik sendiri. Tanaman yang memiliki nama latin Mimosa pudica, jauh-jauh hari sudah dikenal secara tradisional memiliki manfaat untuk kesehatan.

Baginya, meminum rebusan air daun putri malu sudah terbukti khasiatnya. Ketimbang harus mengkonsumsi obat kimia, ujarnya sambil tersenyum.

Pria yang memiliki nama lengkap Muhamad Marzuki ini terlihat lebih awet muda, padahal usianya sudah menginjak kepala lima.

“Cukup rajin puasa, olahraga dan minum rebusan air putri malu, insya Allah sehat tapi ini cocok-cocokan ya,” ujar Zaki seraya tertawa, Rabu (7/9/2022).

Terlebih setiap Jumat sore, Zaki kerap berkendara menggunakan sepeda motor dari Ibukota Kalimantan Tengah, Palangka Raya menuju Banjarmasin Kalimantan Selatan dengan jarak tempuh sekitar 180 km. Sebuah perjuangan yang harus dibayar mahal untuk bertemu dengan keluarga, padahal tepat di hari Minggu, ia harus kembali ke Palangka Raya.

“Saya minum 3 kali dalam seminggu, karena pada Jumat saya harus pulang ke Banjarmasin dan Minggu kembali ke Palangka Raya,” ungkap Zaki.

Apa yang dikatakan Zaki itu terlah terbukti berdasarkan penelitian ilmiah. Dirangkum melalui jurnal yang dipublikasi oleh Universitas Gajah Mada dan Univertas Diponogoro, ternyata tanaman ini juga mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat.

Putri Malu berdasarkan hasil penelitian, dapat menghambat pertumbuhan mikroba penyebab infeksi dan anthelmintik atau senyawa yang dapat melumpuhkan cacing di saluran cerna.

Hal tersebut senada dengan pendapat Zaki, mengenai khasiat tanaman yang sensitif terhadap sentuhan ini. Terlebih, ia telah membuktikan dengan mengkonsumsinya terutama ketika rasa lelah menyerang.

“Banyak sih manfaatnya, salah satunya buat daya tahan tubuh, memulihkan stamina dan memperlancar peredaran darah,” Zaki mengakhiri.(Reina)

Roni Sahala

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *