Penyuluhan Pertanian Perlu Berkesinambungan 

 Penyuluhan Pertanian Perlu Berkesinambungan 

FOTO : Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan H. Sudarsono.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan H. Sudarsono meminta seraya mendorong pemerintah daerah (Pemda) di Kalimantan Tengah, melalui instansi dinas terkait agar dapat memberikan penyuluhan pertanian kepada para petani lokal secara berkesinambungan.

“Penyuluhan pertanian sangat penting dilakukan agar para petani lokal mampu meningkatkan produktivitas pertaniannya sehingga bisa berkembang dan memberikan dampak positif terhadap ketahanan pangan khsusunya di provinsi ini,” ucap Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng bidang Sumber Daya Alam (SDA) dan Perekonomian, H. Sudarsono, Selasa (13/09/2022).

Lanjut Kader Partai Golkar ini juga mengatakan ketika produktivitas itu meningkat, maka akan berdampak terhadap kesejahteraan para petani dan juga daerah dari segi ketahanan pangan. Jadi, penyuluhan pertanian ini sangat perlu dilakukan secara berkesinambungan.

Ujar H. Sudarsono, untuk memberikan penyuluhan, hal ini sudah menjadi tugas pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten dan kota melalui penyuluh pertanian yang ada. Sehingga, peran penyuluh pertanian ini bisa semakin dimaksimalkan.

“Kenapa penyuluhan pertanian ini perlu dilakukan secara berkesinambungan, karena tidak semua petani lokal kita di Kalteng ini menguasai cara-cara bertani yang optimal. Apabila, ada penyuluhan disini mereka bisa mengetahui bagaimana meningkatkan produktivitasnya, dan juga cara menghitung dan mengkalkulasi hasil dari pertanian itu,” tuturnya.

Disebutkannya, sektor pertanian salah satu yang perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah, mengingat potensi pertanian di provinsi ini cukup menjanjikan, apalagi Kalteng menjadi salah satu daerah penyangga IKN Nusantara di Kaltim kedepan.

“Kalau tidak dimulai dari sekarang kapan lagi, jadi peran pemerintah daerah sangat diharapkan untuk meningkatkan sektor pertanian di Kalteng. Kita tidak hanya bisa mengandalkan satu atau dua daerah saja, tapi juga daerah-daerah yang memiliki potensi,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *