Pemkab Gumas berharap Petani Olah Sendiri Pupuk Kandang

 Pemkab Gumas berharap Petani Olah Sendiri Pupuk Kandang

KALTENGNEWS.CO.ID, GUNUNG MAS- Pemerintah Kabupaten Gunung Mas berharap, petani lokal dapat membuat pupuk kandang sendiri.

“Dalam memenuhi kebutuhan dalam pertanian, maka kita di daerah harus bisa menyiapkan pupuk organik dan pupuk kandang, oleh karena itu kehadiran ternak itu tentu perlu untuk mensuplai pupuk kandang supaya kita tidak perlu mengambil dari luar,” kata Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing, Selasa (28/9/2022).

Ia mencontohkan, adanya kebutuhan pupuk kandang, kemudian mengambilnya pun dari Desa Sigi, tetapi jarak tempuh dalam mendatangi tempat tersebut yang cukup jauh. Maka, dalam segi besar pengeluarannya pun begitu mahal, apalagi sekarang ini harga BBM telah mengalami kenaikan, artinya itu lebih mahal transpotasinya dari harga pupuknya.

“Nah itukan yang menyebabkan harga pupuk itu tinggi, maka dari itu kita harus ada tersedia di tempat, sehingga mengefesiensi transpotasi,” ujarnya.

Kemudian, sambung dia, untuk pakan ternak bahan baku seperti jagung dan padi untuk dijadikan dedak, maka harus bisa mempunyai teknologi yang lebih sederhana, apabila bahannya sudah tersedia. Supaya dapat memenuhi pakan ternak dan pakan ikan.

“inilah sebagai upaya-upaya kita mengajak para petani kita sejahtera, mandiri dan mereka petani bisa menikmati pendapatan yang layak. Tetapi mereka juga harus bisa buang lah malas peliharalah rajin dan tekun, ini sebagai modal para petani kita,” ajaknya. (Trisandi)

Roni Sahala

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *