Paska Banjir, Warga Empat Desa Harapkan Uluran Tangan Pemerintah 

 Paska Banjir, Warga Empat Desa Harapkan Uluran Tangan Pemerintah 

FOTO : Anak-anak di tengah banjir di Desa Tumbang Takaoi dan desa sekitarnya yang merendam puluhan rumah warga, pada hari Jumat (3/09/2022) kemaren. FOTO IST. 

 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas, Kuwu Senilawati meminta seraya mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk bisa menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir di beberapa daerah di Kalimantan Tengah.

Srikandi Partai Gerindra Kalteng ini mengatakan berdasarkan informasi yang disampaikan oleh masyarakat, kondisi banjir pada hari Jumat 3 September 2022, juga terjadi di 4 Desa di wilayah Kecamatan Kahayan Utara, Kabupaten Gunung Mas, yakni Desa Tumbang Tajungan, Desa Tumbang Takaoi, Desa Tumbang Korik dan Desa Tumbang Ponyoi.

FOTO : Kondisi Banjir di Desa Tumbang Takaoi dan desa sekitarnya yang merendam puluhan rumah warga, pada hari Jumat (3/09/2022) kemaren. FOTO IST.

“Berdasarkan kabar dari warga, keempat desa tersebut juga terdampak banjir. Dimana, puluhan rumah warga terendam dan ratusan kepala keluarga (KK) merasakan dampaknya secara langsung,” ujar Kuwu, saat dibincangi redaksi Kaltengnews.co.id, di Ruang Komisi II DPRD Kalteng, Jumat (16/09/2022) siang.

Tidak hanya itu, Kuwu juga mengungkapkan kondisi banjir yang terjadi, selain merendam puluhan rumah warga, kantor desa, sekolah dan tempat peribadatan di wilayah desa setempat pun ikut terdampak banjir.

Namun, ironinya paska banjir warga masih belum mendapat bantuan dari pemerintah daerah (Pemda) maupun pihak lainnya.

Untuk itu, ia meminta kepada pemerintah daerah beserta pihak terkait lainnya, untuk bisa menyalurkan bantuan berupa Sembako, Obat-obatan dan lain sebagainya.

Sementara itu, di tempat terpisah Kepala Desa Tumbang Takaoi yang baru saja terpilih pada pemilihan kepala desa setempat, Darlin, Amd membenarkan kondisi banjir yang terjadi di wilayah desa setempat.

“Iya mas, pada hari Jumat 3 September 2022 kemaren, Desa Tumbang Takoi dan sekitarnya sempat mengalami banjir. Dimana, banjir tersebut, dapat dikatakan termasuk yang terbesar di sepanjang sejarah musibah banjir di desa ini,” ujar Kades Tumbang Takaoi, saat dikonfirmasi redaksi Kaltengnews.co.id melalui pesan WhatsApp pribadinya, Jumat (16/09/2022).

Lanjut Darlin mengatakan puncak banjir terjadi pada hari Jumat, 3 September 2022 kemaren, dimana ketinggian air mencapai kurang lebih 2 meter, merendam sekitar 80’an rumah.

Banjir berdampak langsung di 4 Desa, yakni Desa Tumbang Tajungan, Desa Tumbang Takaoi, Desa Tumbang Korik dan Desa Tumbang Ponyoi, Kecamatan Kahayan Utara, Kabupaten Gunung Mas.

Sebutnya, adapun jumlah warga yang terdampak, khususnya di Desa Tumbang Takaoi ada sebanyak 120 KK, dan adapula 110 KK di sekitar desa tersebut. Banjir juga merendam sekolah, kantor desa, pustu dan rumah peribadatan.

 

FOTO : Banjir merendam sekolah di wilayah desa setempat, pada hari Jumat (3/09/2022) kemaren. FOTO IST.

“Saat banjir maupun saat paska banjir, sampai sekarang ini kami masih belum mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah maupun pihak lainnya. Untuk saat ini, kami membutuhkan bantuan Sembako, Obat-obatan dan lainnya,” ujarnya lagi.

Dikatakan Darlin, meski kondisi banjir hanya berlangsung selama 1 hari penuh, dan kini kondisi sudah menyurut, namun kebutuhan tersebut memang sangat dibutuhkan oleh warga desa setempat.

Terlebih, saat paska banjir, warga membutuhkan pasokan sembako dan obat-obatan dan lain sebagainya.

“Kami sangat berharap, kepada pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya, untuk bisa menaruh perhatian dan memberikan bantuan kepada warga Desa Tumbang Takaoi dan sekitarnya,” harap Darlin.

Selain itu, ia juga berharap kepada pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya, untuk bisa menyambung aliran listrik keempat desa dimaksud. Karena, selama ini keempat desa dimaksud, masih belum dialiri listrik PLN. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *