Intel Brimob Polda Kalteng Sambangi Ormas untuk Tangkal Radikalisme

 Intel Brimob Polda Kalteng Sambangi Ormas untuk Tangkal Radikalisme

Tim Intel Brimob Polda Kalimantan Tengah saat menyambangi Sekretariat Borneo Bersatu Banama Kalimantan Tengah di Palangka Raya.

KALTENGNEWS.CO.ID, PALANGKARAYA– Intel Brimob Polda Kalimantan Tengah, melakukan sambang ke beberapa organisasi kemasyarakatan di Palangka Raya. Kegiatan itu dimaksudkan untuk membangun satu visi bersama mencegah tumbuh-nya rasa intoleransi dan masuknya paham radikalisme.

“Kalimantan Tengah dengan filosofi ‘Huma Betang’ dikenal dengan rasa toleransi masyarakatnya yang sangat tinggi, jangan sampai terusik dengan adanya kelompok-kelompok intoleran dan radikal,” kata Kasubsi Produk Intel Brimob Polda Kalteng, Aiptu Andri Nur, Kamis (15/9/2022).

Dalam kegiatan sambang ormas ini, Intel Brimob Polda Kalteng mengedepankan pembinaan dan penyuluhan. Selain itu juga, untuk memperkuat deteksi dini guna memelihara situasi kamtibmas yang kondusif.

“Kegiatan ini juga untuk menciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif melalui peningkatan kesadaran, peran serta dan pemberdayaan kelompok masyarakat dalam rangka mencegah terjadinya gerakan radikalisme, aksi terorisme dan anti pancasila,” ujar Andri di sela-sela kegiatan.

Dalam tatap muka bersama pengurus Mandau Apang Baludang Bulau (MABB) di Palangkaraya, personil Intel Brimob menyampaikan terkait kegiatan tersebut. Hal yang sama juga dilakukan tim saat mengunjungi sekretariat Borneo Bersatu Banama Kalimantan Tengah (BBB-KT) di Jalan Christopel Mihing di Palangkaraya.

Personel Intel Brimob memberikan himbauan agar jangan mudah terpancing dan terpengaruh informasi hoax dan hasutan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab yang bisa merugikan diri sendiri dan mengancam persatuan kesatuan Bangsa.

“Kegiatan ini bertujuan agar supaya masyarakat bersama-sama Polri memberikan pencerahan dan pemahaman tentang bahaya gerakan radikalisme, aksi terorisme dan anti pancasila ini,” tambah Andri Nur.

Ketua Umum MABB, Eter Pambudi menyambut baik kedatangan personel Intel Brimob Polda Kalteng. Dia mengatakan, upaya Polri dalam mencegah intoleransi dan radikalisme sangat didukung.

“Kami siap bersama-sama Polri khususnya Polda Kalimantan Tengah untuk mencegah masuk dan berkembangnya paham intoleran dan radikal yang bisa merusak tatanan ideal kehidupan masyarakat saat ini,” tegas Eter.

Hal yang sama disampaikan Ketua Umum BBB-KT, Budi HD. Dia menegaskan, pihaknya akan menjaga Pancasila bagaimanapun caranya.

“Borneo Bersatu Bersama menyatakan, Menolak keras segala bentuk paham radikalisme dan intoleransi di bumi Isen Mulang, dan selalu siap sedia menjaga NKRI,” kata Ketua Budi HD bersama para pengurus dan anggota BBB-KT.(ron)

Roni Sahala

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *